Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Mar 15 2022

    Siap Ubah Status ke Endemi, Wali Kota Depok Buatkan 3 Skenario

    Pemerintah Kota Depok udah percaya banget nih kalau Depok bakal ubah status dari pandemi menjadi endemi!

    Wali Kota Depok katakan ada 3 skenario untuk ubah status menjadi endemi Covid-19. (Siaran Depok)


    Mohammad Idris selaku Wali Kota Depok menyatakan bahwa ia serta Pemerintah Kota (Pemkot) Depok lainnya sudah bersiap jika dalam waktu dekat Depok akan mengubah status dari pandemi menjadi endemi Covid-19.

    Mohammad Idris menurutkan bahwa langkah pertama dari perubahan status menjadi endemi Covid-19 adalah vaksinasi yang efektif bagi seluruh rakyat Depok.

    Rakyat Depok diharapkan sudah mendapat dua kali vaksin Covid-19 dan lebih baik lagi jika sudah melakukan vaksin ketiga atau booster. Hal ini dinilai dapat membantu rakyat Depok dalam pengurangan penularan varian Covid-19 ke dalam tubuh, serta penyebaran virus Covid-19 bagi para warga yang memiliki kontak langsung dengan pengidap virus.

    Skenario kedua menurut Mohammad Idris adalah penilaiannya terhadap Covid-19 yang nantinya akan menjadi penyakit musiman seperti flu biasa, yang didukung oleh pernyataan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang juga menyatakan demikian.

    Dikutip dari beritasatu.com, Mohammad Idris mengharapkan bagi seluruh masyarakat untuk tetap disiplin dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19 segala varian.

    depok 2Rakyat Depok diharapkan minimal vaksin dua kali untuk mencegah penularan virus Covid-19. (metro.tempo.co)

    Pemkot Depok sedang menyiapkan peraturan daerah terbaru mengenai kewajiban melakukan protokol kesehatan. DPRD Kota Depok dibantu oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sedang melakukan evaluasi untuk pengesahan peraturan daerah terbaru.

    Skenario terakhir atau ketiga ialah langkah masyarakat Depok saat memasuki situasi terburuk seperti adanya ancaman varian terbaru Covid-19. Walau begitu, Mohammad Idris mengharapkan hal tersebut tidak terjadi, namun dirinya tetap inginkan yang terbaik untuk Kota Depok.

    Menurutnya, kasus Covid-19 di Kota Depok telah mengalami penurunan yang memiliki rata-rata penularan 300 kasus, jika dibandingkan dengan bulan Februari yang mencapai angka 2.000 kasus per minggunya.

    Mohammad Idris memberikan penutupan dengan mengatakan bahwa kata kunci dari kesuksesan peralihan ke status endemi Covid-19 di Depok adalah jika masyarakat disiplin dan melakukan tiga skenario yang telah disebutkan sebelumnya.

    Editor Team

    COMMENT