Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 21 2021

    Tanda "SOS" di Pulau Laki yang Bikin Geger

    Kawula Muda, emmang ada-ada aja kelakuan warga +62, ya.

    Titik 'SOS' yang muncul di Pulau Laki. (Google Maps)

    Pulau Laki adalah salah satu pulau yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau ini berada dekat dengan lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 pada 9 Januari 2021.

    Pulau ini mendadak menjadi perhatian warganet karena terdapat tanda SOS di pulau tersebut bila dilihat menggunakan aplikasi Google Maps. Tanda tersebut bertitik di tengah pulau tepat di daerah pepohonan yang ada di sana.

    Tanda SOS itu membuat banyak warganet resah. Pasalnya tidak ada konfirmasi yang jelas mengenai maksud dari pemberian tanda SOS pada titik tersebut.

    Kegegeran ini merebak setelah akun @manaberita mengunggah kabar ini melalui akun Instagram mereka pada Rabu (20/1).

     

    Banyak warganet yang merespons unggahan tersebut sebagai harapan adanya mujizat atas musibah jatuhnya SJ 182. Sebagian juga langsung mencari sendiri kebenaran dari fenomena ini di aplikasi peta ini.

    Tetapi, Basarnas mengonfirmasi kalau tanda tersebut adalah hoaks. Konfirmasi ini keluar setelah Basarnas melakukan pencarian di lokasi tanda SOS tersebut dan tidak menemukan apa-apa di sana.

    Tidak lama setelah itu, Google juga telah menghapus keberadaan tanda SOS tersebut dari aplikasi berbasis petanya.

    Save Our Ship (SOS) merupakan tanda yang digunakan untuk memberi tahu adanya bahaya di suatu lokasi. Pada sejarahnya, SOS digunakan oleh pelaut untuk memberi tahu orang lain bila mereka sedang dalam bahaya.

    Editor Team

    COMMENT