Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    May 13 2022

    Thailand akan Bagi-bagi Ganja Gratis ke Warganya

    Kabarnya, akan satu satu juta tanaman ganja yang dibagiin, Kawula Muda!

    Daun ganja. (FREEPIK)


    Jika di Indonesia penanaman ganja akan berujung jeruji, lain halnya dengan Thailand yang malah bagi-bagi tanaman ganja. 

    Pemerintah Thailand berencana untuk membagikan satu juta tanaman ganja ke warganya secara gratis. Hal tersebut telah diumumkan oleh Menteri kesehatan Thailand, Anutin Charnvirakul. 

    GANJAPohon ganja. (FREEPIK)

     

    “Pemerintah akan mendorong warga Thailand menanam ganja di rumah,” lapor CNNInternational seperti dikutip Prambors pada Kamis (12/05/2022).

    Sebelumnya, raja Thailand telah mengumumkan mengizinkan warga untuk menanam ganja di rumahnya pada Januari lalu. Hal itu dimaksudkan untuk tujuan medis serta keinginan Thailand untuk membudidayakan tanaman tersebut. 

    Adapun penanaman harus dengan sepengetahuan pemerintah daerah setempat. Selain itu,  ganja tetap tidak boleh didistribusikan secara komersial apabila sang penanam tidak memiliki lisensi yang sesuai. 

    Thailand juga telah memiliki draf undang-undang yang merincikan penggunaan ganja tersebut. Terdapat hukuman denda 200 ribu Bath (Rp 84 juta) apabila seseorang menanam ganja tanpa pemberitahuan kepada pemerintah daerah. 

    Sementara itu, mereka yang menjual ganja tanpa lisensi resmi akan didenda 300 ribu bath (Rp 130 juta) dan terancam hukuman penjara hingga 3 tahun. Aturan tersebut akan berlaku mulai 9 Juni mendatang. 

    “Ini akan memungkinkan orang dan pemerintah untuk menghasilkan lebih dari 10 miliar baht (per tahun) pendapatan dari ganja dan rami,” kata Anutin. 

    Sebenarnya, pelegalan ganja untuk kebutuhan medis telah disahkan Thailand sejak 2018 lalu. Kebijakan ini memang menuai kontroversi, namun tetap dilaksanakan sampai sekarang. Walau begitu, ganja dengan sifat rekreasi tetap dilarang oleh pemerintah Thailand. 

    Editor Team

    COMMENT