Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 25 2020

    TikTok Bersama Ikatan Guru Indonesia Maksimalkan Video Pendek untuk Pendidikan

    Kaula muda, TikTok makin populer aja nih.

    Ilustrasi aplikasi TikTok di Smartphone. (UNSPLASH)

    Platform konten video TikTok bekerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) menggelar pelatihan daring bertajuk "Memaksimalkan Platform Video pendek untuk Pendidikan" kepada lebih dari 1000 guru di seluruh Indonesia.

    "Guru dapat berbagi pengetahuan keapada anak didiknya melalui TikTok, dan menunjukkan bahwa hiburan dan pelajaran itu bisa bersatu dalam sebuah konten video singkat," ujar Angga Anugrah Putra, Head of User anda Content Operations TikTok Indonesia, Selasa (24/11/2020).

    Menurut Angga, video singkat dapat menjadi wadah alternatif yang kreatif dan mudah dipahami oleh generasi milenial. Ia juga berharap bahwa Tiktok bukan hanya berisi konten hiburan, tetapi juga kedukasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

    "Kami bersama-sama akan mengadakan webinar di 10 kota di seluruh Indonesia, termasuk di Aceh, Makassar, hingga Maluku," kata Angga menambahkan.

    Pelatihan ini akan memberikan pengenalan tentang TikTok, kreasi konten, keamanan digital, dan pemanfaatan platfrom untuk mendukung kegiatan belajar mengajar para guru.

    Sementara itu, Ketua Umum IGI dan JSDI, Muhammad Ramli Rahim menyatakan bahwa konten edukasi digital saat ini menjadi fokus utamanya.

    Karena itu guru perlu mengikuti perkembangan teknologi agar memiliki metode pemebelajaran yang kreatif dan efektif dalam mendidik muridnya.

    Survei dari Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan bahwa 95 persen masyarkat setuju untuk mengombinasikan pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran tatap muka setelah pandemi.

    Editor Team

    COMMENT