Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jul 25 2021

    Windy Cantika Aisah, Peraih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

    Hai Kawula Muda, selamat Cindy Cantika Aisah!

    Lifter putri Cindy Cantika Aisah raih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu (24/7/2021). (INSTAGRAM/PB PABSI)

    Lifter putri Indonesia, Windy Cantika Aisah, menjadi altet Indonesia pertama yang mempersembahkan medali pertama untuk tim Merah Putih di Olimpiade Tokyo 2020.

    Atlet angkat besi putri Indonesia yang masih berusia 19 tahun ini, turun di kelas 49 kg putri dan sukses meraih mediali perunggu pada pesta olahraga dunia yang digelar di Tokyo International Forum, Sabtu (24/7/2021) siang WIB.

    Windy Cantika Aisah berhak mendapatkan medali perunggu setelah menempati peringkat ketiga dengan total Angkatan 194 kg.

    Total Angkatan snatch terbaik Windy Cantika Aisah adalah 84 kg yang didapat pada kesempatan kedua. Adapun total angkatan clean & jerk terbaik Windy adalah 110 kg yang didapat pada kesembatan ketiga.

    Windy Cantika menempati peringkat ketiga tepat di bawah Hoi Zhihui (China) dan Chanu Mirabai (India). Hoi Zhihui berhak meraih medali emas dengan total angkatan terbaiknya adalah 210. Chanu Mirabai berhak meraih medali perak angkat dengan total Angkatan terbaiknya adalah 202 kg.

    Deretan prestasi Windy Cantika Aisah

    Angkatan total Windy di Olimpiade Tokyo 2020 seberat 194 kg ini merupakan peningkatan besar dari event Kejuaraan Asia yang berlangsung di Tashkent, Uzbekistan pada pertengahan April 2021.

    Saat itu, Windy Cantika Aisah mengangkat total berar 189 kg dan membuatnya berhak mendapatkan satu tiket ke Olimpiade Tokyo. Windy juga merupakan pemenang medali emas pada SEA Games 2019.

    Melansir Federasi Angkat Besi International (IWF), rangkaian prestasi Windy dimulai pada tahun 2019, ketika ia mempersembahkan medali perak di Kejuaraan Dunia Junior dan Kejuaraan Adia Junior. Total Angkatan Windy di Kejuaraan Dunia Junior 2019 adalah 179 kg dan 186 kg di Kejuaraan Asia Junior.

    Windy kemudian berhasil memperbaiki catatannya saat tampil di SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

    Pada debutnya di ajang multievent Asia Tenggara itu, Windy langsung menyabet medali emas setelah memperoleh total Angkatan 190 kg. Jumlah tersebut dibukukan Windy melalui Angkatan snatch 86 kg dan clean & jerk 104 kg.

    Medali emas juga diraih Windy saat tampil di Kejuaraan Asia Junior 2020 dan Kejuaraan Dunia Junioe 2021 yang semuanya berlangsujng di Taskent, Uzbekistan.

    Editor Team

    COMMENT