Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 19 2022

    Isu Dibeli Elon Musk, Berikut Harga Manchester United Beserta Klub Sepakbola Eropa Lainnya

    Klub favorit Kawula Muda ada di posisi berapa?

    Manchester United (Reuters/Phil Noble)


    Elon Musk kembali menjadi perbincangan publik akibat cuitannya di Twitter. Bos Tesla tersebut bahkan sempat mengklaim akan membeli klub sepak bola asal Inggris, Manchester United (MU) 

    Kendati cuitan tersebut hanya candaan, Musk justru sempat membuat saham MU naik lantaran cuitannya. Saham Manchester United naik hingga 4,9 persen menjadi 13,40 dolar AS pada pukul 5:30 pagi Rabu (17/8/2022) waktu setempat.

    Jika benar akan dibeli Elon Musk, memang berapa sih harga Manchester United?

    Menurut perhitungan Forbes yang dilakukan terakhir May 2022, nilai Manchester United saat ini mencapai 4,6 miliar dolar AS atau setara Rp 68,08 triliun (kurs Rp 14.800).

    Kendati memiliki harga yang terbilang mahal, Manchester United akan selalu menjanjikan keuntungan. Masih menurut data dari Forbes, pendapatan Manchester United sendiri bisa mencapai 663 juta dolar AS. Lebih dari itu, klub berjuluk Setan Merah juga tercatat mengantongi pemasukan operasional sebesar 128 juta dolar AS.

    MU bukanlah klub dengan harga paling mahal saat ini, menurut majalah Forbes, Manchester United menempati posisi ketiga sebagai klub dengan valuasi paling tinggi di tahun 2022.

    Manchester UnitedManchester United (Reuters/Phil Noble)

    Posisi pertama dipegang oleh Real Madrid. Klub asal Spanyol tersebut mengalami peningkatan di tahun 2022 ini, dari yang semula 4,75 miliar dolar AS pada 2021 menjadi 5,1 miliar dolar AS di 2022.

    Posisi kedua, di atas Manchester United ditempati oleh klub asal Spanyol lagi, Barcelona. Valuasi Barcelona sebenarnya setara dengan Real Madrid, yakni sebanyak 5,1 miliar dolar AS. Tetapi, pendapatan operasional Barca hanya mencapai 17 juta dolar AS.

    Sedangkan di posisi keempat terdapat nama Liverpool sebagai klub dengan valuasi tertinggi di dunia. Klub sepak bola milik John Henry dan Tom Werner tersebut memiliki valuasi 4,45 Miliar dolar AS.

    Sementara itu, di posisi kelima diisi oleh klub asal Jerman, Bayern Munchen. Valuasi Bayern Munich hanya tumbuh 1 persen saja selama satu tahun terakhir, dari 4,215 miliar dollar AS menjadi 4,275 miliar dolar AS. Meskipun demikian, pendapatan operasional Bayern Munich cukup dibanggakan karena bisa mencapai 102 juta dolar AS.

    Editor Team

    COMMENT