Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 19 2022

    Sea Games 2022: Timnas Sepak Bola Indonesia Takluk dari Thailand 0-1

    Timnas Indonesia kembali gagal menjuarai Sea Games

    Semifinal Sea Games 2022 Indonesia vs Thailand (Reuters/Chalinee Thirasupa)

    Semifinal Sea Games 2022 cabang sepak bola mempertemukan Indonesia dengan Thailand.

    Bermain cukup ketat, Indonesia dan Thailand bergantian jual beli serangan di babak pertama. Shin Tae-yong memutuskan untuk memainkan Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman sedari babak pertama. Hal ini diharapkan dapat mengimbangi permainan Thailand yang memiliki level di atas Timnas Indonesia.

    Indonesia berkali-kali menekan Thailand sejak menit awal, tetapi anak asuhan Mano Polking cukup disiplin dalam bertahan, belum lagi penampilan yang cukup gemilang diperagakan oleh kiper senior Thailand, Kawin Thamsatchanan.

    Pada menit ke-2, Marc Klok hampir saja membuat Indonesia unggul dari Thailand, sayang tendangannya melenceng tipis dari sisi kanan gawang Kawin Thamsatchanan.

    Kali ini giliran Thailand yang mengancam gawang Ernando Ari. Tembakan keras dari luar kotak penalti Benjamin Davis berhasil ditepis kiper muda Persebaya ini.

    Kendati Thailand sempat menguasai jalannya pertandingan, Indonesia berhasil mengancam gawang Thailand beberapa kali lewat akselerasi Dewangga, serta sundulan Rizki Ridho yang hampir membobol jala lawan.

    Sebelum babak pertama berakhir, Marc Klok hampir menyarangkan bola ke gawang Kawin, sayangnya tendangan Klok hanya membentur mistar gawang.

    Babak kedua giliran Thailand yang mendominasi jalannya pertandingan, laga baru berjalan tiga menit. Memanfaatkan umpan Chayapipat Supanpasuch, Ekanit Panya berhasil masuk ke dalam kotak penalti Indonesia, namun tendangannya masih melenceng.

    Ditekan terus menerus oleh Thailand, Fachruddin Aryanto dkk. berhasil lepas tekanan pada pertengahan babak kedua. Tendangan bebas Syahrian Abimanyu pada menit ke-71 hampir mencatatkan skor untuk Indonesia, tendangan tersebut berhasil diamankan Kawin Thamsatchanan.

    Serangan demi serangan yang dilakukan oleh timnas Indonesia nyatanya masih belum bisa membuahkan hasil, sehingga skor 0-0 bertahan hingga babak kedua usai.

    Babak pertama perpanjangan waktu dimulai dengan Thailand yang mengendalikan permainan. Indonesia akhirnya kebobolan di menit ke-95 lewat sepakan kaki kanan Weerathep Pomphan.

    Sepanjang babak kedua tambahan waktu, Indonesia berkali-kali mencoba menyamakan kedudukan, sayang skor 0-1 untuk kemenangan Thailand bertahan hingga akhir laga.

    Semifinal Sea Games 2022 Indonesia vs ThailandMomen keributan Indonesia melawan Thailand saat Semifinal Sea Games 2022 (Reuters/Chalinee Thirasupa)

    Sebelum laga berakhir, hujan kartu merah terjadi karena keributan, tiga pemain Indonesia, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto dan Firza Andika diganjar kartu merah akibat dianggap memicu keributan.

    Thailand berhasil lolos ke babak Final akan berhadapan dengan Malaysia/Vietnam.

    Editor Team

    COMMENT