Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 23 2022

    Suporter Jepang Bersihkan Sampah Stadion Piala Dunia 2022 Qatar

    Bukan sekali dua kali aja mereka kayak gini. Emang udah kebiasaan bersih!

    Suporter timnas Jepang membersihkan sampah-sampah di stadion Piala Dunia Qatar 2022 (THE JAPAN TIMES)


    Aksi dari beberapa suporter timnas Jepang melakukan aksi yang patut diacungkan jempol, nih Kawula Muda. Mereka bersih-bersih usai upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 pada Minggu, 20 November 2022.

    Dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (23/11/2022), para suporter Jepang memunguti sampah di stadion walaupun timnas mereka tidak sedang bertanding. Sampah seperti botol-botol minuman yang berserakan, mereka kumpulkan jadi satu dalam kantong plastik besar berwarna biru.

    Tak lupa, mereka semua melakukannya dengan sembari mengenakan atribut suporter Jepang.

    "Suporter Jepang membersihkan stadion. Padahal ini tidak terkait (pertandingan timnas) mereka!" tulis Omar Faruq, warganet Qatar yang mengomentari unggahan video tersebut.

    Selain itu, suporter Jepang mengambil bendera Qatar dan Ekuador yang berada di tanah dan memegang dengan hormat setelah pertandingan pembukaan antara kedua belah pihak.

    Suporter JepangSuporter timnas Jepang membersihkan sampah-sampah di stadion Piala Dunia Qatar 2022 (THE JAPAN TIMES)

     


    "Berikan tepuk tangan yang meriah untuk orang-orang Jepang!"

    "Ini sangat luar biasa untuk ditonton"

    "Aku harap banyak orang yang melihat dan tergerak hatinya untuk membersihkan sampah-sampah miliknya"

    Jepang Memang Suka Bersih-bersih

    Suporter JepangSuporter timnas Jepang membersihkan sampah-sampah di stadion Piala Dunia Qatar 2022 (THE JAPAN TIMES)

    Sebenarnya, tindakan ini bukanlah yang pertama kali Jepang lakukan, loh. Suporter dari Negeri Sakura ini telah diakui dari banyak orang, bahkan di setiap gelaran Piala Dunia.

    Melansir dari berbagai sumber, Jepang pernah membersihkan sampah-sampah di stadion pada saat Piala Dunia 2018 di Rusia.

    Saat itu, timnas Jepang kalah 2-3 melawan dengan Belgia. Padahal, timnas sudah untuk menuju babak perempat final seandainya tidak kalah dari Belgia.

    Sama halnya pada Asian Games 2018 di Jakarta lalu, kelompok sukarelawan yang diusung oleh warga negara Jepang, Mr. Tsuyoshi Ashida mengumpulkan sedotan, botol, dan puntung rokok yang berserakan di jalan raya sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno.

    Wartawan yang berbasis di Jepang, Scott Mclntyre mengatakan kepada BBC, "Ini bukan hanya bagian dari budaya sepak bola tetapi bagian dari budaya Jepang," terangnya, melansir dari Daily Star.

    "Anda sering mendengar orang mengatakan bahwa sepak bola adalah cerminan dari budaya. Aspek penting dari masyarakat Jepang adalah memastikan semuanya benar-benar bersih dan itu berlaku di semua acara olahraga dan tentunya juga di sepak bola," lanjutnya.

    Respect, banget sama suporter Jepang!

    Editor Team

    COMMENT