Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 19 2022

    Al Rihla, Bola Piala Dunia 2022 Qatar ternyata Produksi Indonesia

    Warga +62 patut bangga, sih!

    Bola Al Rihla Piala Dunia Qatar 2022 (INEWS)


    Kawula Muda, Indonesia turut menjadi bagian dalam FIFA World Cup atau Piala Dunia 2022 di Qatar nanti, nih! Bola resmi yang akan digunakan untuk acara nanti, ternyata di buat dari Indonesia.

    Tepatnya di Madiun, Jawa Timur, bola Al Rihla diklaim dibuat dari teknologi canggih keluaran Adidas. Sebenarnya, ini bukan pertama kali PT Global Way menjalin kerja sama dengan Adidas. Bola Al Rihla adalah proyek ke-14 mereka. Sebesar 60-70 persen produksi Al Rihla dikerjakan di Madiun.

    "Kita semua bahagia dan bangga bahwa dari Bumi Kampung Pesilat Kabupaten Madiun menghadirkan produksi bola kualitas piala dunia dan siap dilepas ekspor," tulis Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, dalam Instagram-nya.

    Bola Al Rihla disebut sebagai bola tercepat dari edisi-edisi Piala Dunia sebelumnya, nih. Bola ini juga punya akurasi terbaik daripada bola yang digunakan pada ajang Piala Dunia yang sudah terlaksana.

    Bola "Perjalanan"

    Bola Al RihlaBola Al Rihla Piala Dunia Qatar 2022 (ADIDAS INDONESIA)

     

    Pemilihan nama Al Rihla bukan sembarangan, Kawula Muda. Melansir dari Tirto, Bola Al Rihla diartikan The Journey atau "perjalanan".

    Bola ini juga telah dipasarkan ke berbagai negara, di antaranya Amerika Serika, Brazil, Jerman, Inggris, dan Uni Emirat Arab.

    Al Rihla memiliki desain dengan memperpadukan tiga warna, kuning, biru, dan merah. Permukaan bola menggambarkan panel yang menyerupai perahu tradisional 'Dhow' yang merupakan alat transportasi masyarakat Qatar dahulu.

    Selain warna dan panel, Al Rihla juga bertuliskan lukisan logo FIFA World Cup Qatar 2022. Ada pula logo merek Adidas bergaris tiga dengan warna hitam di permukaan bola.

    Spesifikasi Bola Al Rihla

    Al Rihla didukung sensor yang dikhususkan untuk menunjukkan posisi bola (offside). Enggak hanya itu, seperti pada laman Imsport, Kamis (17/11/2022), Al Rihla mendukung pergerakan pemain dan tidak mudah kehilangan angin, dengan tingkat akurasi yang juga bisa diandalkan.

    Teknologinya, juga enggak main-main, Kawula Muda. Dirancang menggunakan teknologi CTR-Core dan Speedshell yang ada di dalam dan mampu membuatnya bergerak cepat, tepat, dan bisa memecah angin yang berpotensi melambatkan bola.

    Teknologi Speedshell ini berfungsi dengan meningkatkan aerodinamik, jadi tendangan jadi lebih akurat, stabil, dan tajam.

    Berikut spesifikasi Bola Dunia Qatar Al Rihla:

    - 60% poliuretan, 40% poliester penutup

    - Konstruksi tanpa jahitan yang disatukan menggunakan proses termal

    - Bladder dari bahan karet butil

    - Sablon logo FIFA World Cup

    Dilansir dari Imsport, jumlah resmi Al Rihla yang akan dikirim ke Qatar untuk Piala Dunia 2022 mencapai 1 juta pcs. 1 persen keuntungan dari hasil penjualan akan disumbangkan Adidas untuk kegiatan sosial.

    Keren banget, enggak sih, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT