Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 18 2021

    Atlas, Robot Buatan Boston Dynamic Bisa Parkour dan Backflip! 

    Kalo kamu bisa backflip enggak, Kawula Muda?

    Atlas, robot buatan Boston Dynamics saat latihan parkour (YOUTUBE/BOSTON DYNAMIC)

    Boston Dynamics unggah video latihan robot Atlas saat melakukan parkour. Bahkan, kedua robot Atlas dapat melakukan backflip

    Dalam video tersebut, terdapat dua robot Atlas yang diuji coba. Keduanya mendemonstrasikan kegiatan atletik sambil tetap menjaga keseimbangan.

    Untuk melakukan tes parkour tersebut, dibutuhkan waktu berbulan-bulan pengembangan teknis yang ‘hampir sempurna’. 

    Memang, terdapat beberapa gerakan kecil yang masih belum sempurna. Misalnya, saat melompati balok kayu, salah satu lengan robot terlihat bergetar dan juga sempat kehilangan keseimbangan. 

    Selain itu, ketika selesai melakukan backflip, seharusnya Atlas mengayunkan lengannya seperti ‘baru saja meraih kemenangan besar’. Sayangnya, Atlas sedikit tersandung ketika melakukannya. 

    Meskipun begitu, hal ini dianggap wajar karena uji coba reaksi setelah backflip baru pertama kali dilakukan. 

    “Kalau anda melihat videonya dengan seksama, (gerakan robot) terlihat sedikit canggung. Kami akan memasukan kembali beberapa gerakan dan kebiasaan yang telah kami uji coba sebelumnya, jadi kami lebih percaya hal itu akan berhasil,” tutur Scott Kuindersma, salah satu anggota tim Atlas dikutip dari hypebeast.com. 

    Melalui berbagai lompatan, balok keseimbangan, serta hambatan, Boston Dynamic ingin mendorong Atlas lebih jauh lagi untuk mempersiapkan generasi robotik selanjutnya yang memiliki kecerdasan atletik, mobilitas, dan persepsi seperti manusia. 

    Walaupun begitu, untuk mencapai tahap realisasi seperti manusia, Boston Dynamic masih harus melakukan berbagai percobaan terhadap Atlas. “Ada banyak gerakan dan kebiasaan yang menarik di sini, dan beberapa diantaranya belum sepenuhnya dapat terwujud,” kata Ben Stephens, pemimpin kontrol Atlas dilansir dari hypebeast.com

    “Setiap gerakan memiliki peluang kegagalan. Hampir 90 detik terus melompat, berlari, berputar, melompat, dan flip, jadi peluang (kegagalan) itu semakin besar,” tambahnya. 

    Editor Team

    COMMENT