Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 15 2021

    Sering Pakai Zoom? Berikut Deretan Fitur Canggih dan Cara Pakainya

    Kawula Muda, lo udah tau belom nih semua fitur Zoom?

    Ilustrasi telekonferensi menggunakan aplikasi Zoom. (PIXABAY)

    Semenjak pandemi, bertemu dengan teman-teman terasa berbeda ketika dilakukan secara daring atau online. Tak sedikit juga pengembang aplikasi yang mulai berkreasi untuk membuat aplikasi telekonferensi yang mudah digunakan dan dapat memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat.

    Meski begitu, Zoom masih menjadi salah satu platform yang sering digunakan, terutama untuk mengadakan webinar. Bagi pengguna baru Zoom mungkin belum begitu familiar dengan fitur-fitur yang ditawarkan Zoom. 

    Berikut ini, melansir Kompas.com, setidaknya ada 6 fitur-fitur yang bisa kamu pakai untuk memberi pengalaman telekonferensi yang lebih menyenangkan.

    1. Percantik diri atau sembunyikan wajah

    Tampil di depan kamera dengan kondisi baru bangun tidur memang terkesan ada saja yang kurang, terutama untuk wanita.

    Namun, kamu tidak perlu khawatir, Kawula Muda, karena NY Times pernah membahas fitur canggih ini yang bisa memberikan sentuhan pada warna kulit, menghaluskan kerutan, noda, serta ketidaksempurnaan kecil lainnya.

    Cukup klik tanda panah atas, di sebelah ikon mulai video, kemudian klik "Pengaturan Video".

    Selanjutnya, kamu bisa centang kotak "Sentuh Penampilan Saya".

    2. Ganti background

    zoom meeting background virtualIlustrasi mengganti latar belakang virtual. (Dok. THE VERGE)

     

    Latar belakang video seringkali menjadi concern utama kamu dalam mengikuti sebuah konferensi virtual. Tenang saja, kamu bisa mengubah background dengan mudah, kok!

    Caranya adalah dengan masuk ke "Pengaturan>Latar Belakang Virtual", kemudian kamu hanya perlu memilih gambar latar belakang yang tersedia, atau dengan menggunakan gambar yang kamu miliki di perangkat kamu.

    Pastikan juga perangkat kamu menggunakan prosesor yang kuat untuk menikmati fitur ini tanpa hambatan, ya.

    3. Ganti foto profil

    Menampilkan wajah saat menghadiri telekonferensi biasanya bergantung pada kebijakan dari pembuat meeting itu sendiri. Jika diperbolehkan untuk tak menampilkan wajah, kamu bisa juga menampilkan foto profil kamu, lho.

    Klik tombol "Peserta" yang ada di bagian bawah layar, kemudian arahkan kursor ke nama kamu. Selanjutnya, klik "Lainnya" dan klik tambahkan gambar profil.

    Jangan lupa untuk pilih gambar yang diinginkan dan klik "Buka", ya!

    4. Gunakan pena yang bisa menghilang

    Fitur ini dianggap sangat penting terlebih lagi untuk kamu yang kesulitan menjelaskan sesuatu secara lisan. Fitur pena menghilang atau "Vanishing Pen" ini memungkinkan kamu untuk menggambar di layar, sehingga perhatian audiens pun tertuju pada teks atau objek.

    Seperti namanya, fitur ini akan membuat gambar menjadi cepat menghilang, sehingga kamu tak perlu menghapus gambar tersebut.

    Langkah utama yang harus kamu lakukan adalah dengan bagikan layar kamu ke audiens, lalu klik Anotasi.

    Pada menu yang muncul, klik fitur bertuliskan "Vanishing Pen".

    5. Mengubah nama saat Zoom

    Fitur sederhana ini sebenarnya sangat diperlukan mengingat pembuat acara memiliki ketentuan yang berbeda untuk "tamu" undangannya. Cara ini pun dibagi menjadi dua yaitu sementara dan permanen.

    Untuk mengganti nama sementara, kamu bisa mengubahnya saat menghadiri acara tersebut. Klik tombol "Peserta" di bagian bawah layar, arahkan kursor ke nama kamu, klik "Lainnya", lalu klik "Ganti nama", dan ketik "OK" untuk menyelesaikan proses itu.

    Berbeda dengan cara mengubah nama secara permanen. Kamu tinggal klik "Profil" di ppojok kanan atas, di seberang nama kamu, lalu klik "Edit.

    Setelah itu. masukkan nama yang kamu inginkan dan klik "Simpan Perubahan". Mudah, kan?

    6. Tampilan imersif Zoom

    zoom meeting background virtualTampilan imersif pada Zoom. (Dok. ZOOM)

     

    Belum banyak yang tahu bagaimana cara menambahkan latar belakang virtual dan menggabungkan peserta seolah-olah mereka berada dalam ruangan. Fitur ini disebut tampilan imersif Zoom.

    Fitur ini bisa kamu nikmati secara eksklusif untuk kamu yang memiliki akun gratis maupun akun pro untuk versi Zoom 5.6.3 atau lebih tinggi.

    Pada sudut kanan atas, terlihat tampilan Speaker atau Galeri. Nantinya, akan ada opsi untuk mengaktifkan tampilan immersive.

    Klik "Tampilan Immersive" dan pilihlah salah satu tempat yang disediakan Zoom atau bisa juga menggunakan gambar dari perangkat kamu.

    Nantinya, latar belakang virtual itu akan memperlihatkan hasil yang sama pada setiap layar peserta.

    Sudah coba keenam fitur Zoom tadi, belum, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT