Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 06 2021

    Taksi Udara EHang 216 Akan Hadir di Indonesia, Solusi Transportasi dan Logistik Ramah Lingkungan

    Kawula Muda, keren banget nih taksi udara bentar lagi mau uji coba di Bali!

    Taksi Udara EHang 216. (Dok. EHANG)

    Kawula Muda, sebentar lagi akan ada taksi udara EHang 216 di Indonesia, nih! Namun, tentunya harus lolos uji coba terlebih dahulu sebelum taksi udara ini bisa beroperasi secara resmi.

    Melansir CNN Indonesia, taksi udara EHang 216 akan melewati tahap uji coba di Bali pada bulan Oktober 2021 mendatang. Adapun perusahaan pengimpor mobil-mobil mewah dan operator kendaraan, Prestige Image Motocars, juga tengah menyiapkan perizinan agar tahap uji coba ini bisa berlangsung dengan lancar.

    Taksi udara EHang 216 atau juga dikenal dengan Autonomous Aerial Vehicle (AAV) merupakan hasil produksi perusahaan China bernama Guangzhou EHang Intelligent Technology Co. Ltd.

    Bak drone raksasa, EHang 216 diketahui bisa mendarat secara vertikal sehingga tak memerlukan landasan yang besar. Untuk memarkir EHang 216 pun hanya membutuhkan ruang 5 meter.

    EHang 216 yang memiliki dimensi lebar 5,6 meter dan tinggi 1,7 meter itu dilengkapi dengan 16 baling-baling pada 8 lengannya yang bisa dilipat. EHang 216 juga diketahui mampu mengangkut berat sebesar 220 kg, dengan kecepatan maksimal 130 km per jam, dan ketinggian sekitar 3.000m.

    Taksi Udara EHang 216Taksi Udara EHang 216. (Dok. FACC)

     

    Namun, sayangnya, EHang 216 hanya bisa mengangkut maksimal 2 orang.

    Ditenagai listrik, EHang nantinya akan dikemudikan secara penuh melalui pusat kontrol dari daratan. Serta menggunakan teknologi 4G atau 5G untuk komunikasi dengan pusat komando dan kendali. 

    Sementara itu, pengisian daya baterai EHang 216 diketahui sangat cepat. Hanya dalam waktu satu jam, daya baterai akan terisi penuh. Pun juga dengan sistem canggih yang terdapat dalam EHang 216 ini memampukan taksi udara tersebut mampu meminimalisir kegagalan pengoperasian akibat kesalahan manusia.

    Rudy Salim selaku Presiden Direktur Prestige Image Motocars mengungkapkan bahwa ia belum menemukan berapa estimasi harga taksi terbang ini dijual.

    "Masih belum ada harga, masih dihitung," ucapnya. Sementara itu, sejauh mana proses perizinan pun belum diketahui secara pasti.

    Di masa yang akan datang, Rudy berharap EHang 216 bisa menjadi sarana transportasi hingga pengangkut logistik yang terjangkau serta ramah lingkungan di Indonesia.

    Canggih banget, ya, Kawula Muda, kendaraan listrik satu ini!

    Editor Team

    COMMENT