20 Fakta Trivia tentang Dunia K-Pop yang K-Popers Wajib Tahu

Scroll di bawah biar enggak penasaran lagi!

20 Fakta Trivia tentang Dunia K-Pop yang Bikin Mind Blowing (ALLKPOP)
Wed, 23 Aug 2023

Musik K-Pop tidak ada hentinya membanjiri pasar hiburan musik di dunia termasuk Indonesia. Namun ternyata di dalamnya, ada fakta dunia K-Pop yang bikin mind blowing, Kawula Muda.

Dalam dunia musik K-Pop terdapat fakta yang jarang diketahui oleh orang lain bahkan dari penggemarnya sendiri.

Budaya musik dan hiburan asal Korea Selatan ini menyimpan beberapa fakta penarik yang tak terduga, mulai dari agensi, para idol, hingga hal lainnya.

Berikut adalah 20 fakta trivia tentang dunia K-Pop yang bikin lo jadi mind blowing, dilansir dari berbagai sumber.

Fakta-fakta tentang Dunia K-Pop

20 Fakta Trivia tentang Dunia K-Pop yang Bikin Mind Blowing (ALLKPOP)

1. Melansir dari Koreaboo, orang Korea memiliki hubungan cinta/benci dengan Jepang dan menyangkut industri K-Pop. Mengenai topik sensitif seperti era invasi Jepang, para idol harus berhati-hati dengan apa yang mereka katakan.

2. EXO masuk dalam Rekor Dunia Guinness 2018 karena memenangkan penghargaan Daesang terbanyak di Mnet Asian Music Awards.

3. Lebih dari 100 grup debut di Korea Selatan setiap tahun, namun kurang dari 5% yang berhasil.

4. 2NE1 tampil di Amerika Serikat pada tahun 2011 dengan debut mereka di MTV IGGY dan mereka memenangkan artis pendatang baru terbaik di dunia.

5. Deretan artis Barat seperti The Chainsmokers, Charli XCX, Steve Aoki, Akon, Kanye West, Desiigner, Ludacris, dan Snoop Dogg pernah tampil di lagu K-Pop.

6. CNBLUE hanya membutuhkan waktu 16 hari untuk memenangkan trofi pertama mereka di KBS Music Bank pada debut "Bad Girl Good Girl".

7. 2NE1 tampil di Amerika Serikat pada tahun 2011, melakukan debut mereka di MTV IGGY, ketika mereka memenangkan artis pendatang baru terbaik di dunia!

8. Sejarah musik Korea dilihat pada 1885 ketika seorang misionaris Amerika, Henry Appenzeller, mulai mengajar lagu-lagu rakyat Amerika dan Inggris di sebuah sekolah. Lagu-lagu ini biasanya didasarkan pada melodi Barat populer yang dinyanyikan dengan lirik Korea.

9. Anggota BIGBANG seharusnya menggunakan nama panggung “Mark (T.O.P), G-Dragon, Sonic (Seungri), Big Castle (Daesung) dan Taekwon (Taeyang)”

10. Lee Hyori adalah satu-satunya musisi yang memenangkan Penghargaan Daesang di bidang Hiburan dan Musik di Korea.

20 Fakta Trivia tentang Dunia K-Pop yang Bikin Mind Blowing (ALLKPOP)

 

11. Ketika Taeyeon Girls’ Generation mendengar lagu “Gee” untuk pertama kalinya, dia sangat membencinya, sampai menangis saat harus menyanyikannya, Kawula Muda!

12. Pada tahun 1970-an, DJ mulai populer di Korea Selatan. Banyak kedai kopi mulai memiliki DJ yang memainkan lagu yang berbeda untuk pelanggan.

13. Jackie Chan ikut andil mengelola boy band bernama JJCC yang beranggotakan enam orang.

14. Setiap tahunnya ada 100 grup K-Pop yang lahir, namun faktanya hanya 5 persen saja yang menuai sukses.

15. Grup K-Pop terlama adalah Shinhwa yang memulai debutnya pada tahun 1998 dan melakukan promosi selama 20 tahun terakhir.

16. Idol K-Pop tidak akan dibayar sampai mereka melunasi semua hutang mereka. Beberapa perusahaan, seperti SM dan JYP Entertainment, tidak membuat grup yang baru debut membayar kembali hutang trainee mereka.

17. Setelah idol K-Pop memiliki lagu dan album baru untuk dipromosikan, mereka datang ke enam acara musik dalam seminggu untuk mempromosikan lagu mereka.

18. Dahyun TWICE mengungkapkan bahwa dia memiliki kemampuan nada absolut atau sempurna yakni dapat mengidentifikasi atau membuat ulang not musik tertentu tanpa referensi sebelumnya.

19. G-Dragon BIGBANG adalah idol trainee terlama dengan memulai karier dari usia 6 tahun. Ia masuk SM Entertainment pada usia 8 tahun, dan di usia 13 tahun mulai berlatih dengan YG Entertainment selama 5 tahun.

G-Dragon telah menjadi trainee selama 13 tahun, dan menjadikannya sebagai idol dengan periode pelatihan terlama.

20. Kaki Yura Girl's Day dilindungi oleh asuransi dengan harga 500 juta won (Rp 6 miliar).

Demikian, fakta trivia tentang dunia K-Pop yang bikin mind blowing.

Berita Lainnya