3 Metode yang Digunakan Sasaeng untuk Cari Infromasi tentang Idola K-Pop

Kawula Muda, banyak cara yang dilakukan oleh penggemar obsesif, atau yang biasa dijuluki sasaeng, untuk mendapatkan informasi idola mereka.

Foto ilustrasi dari drama Korea, Her Private Life, yang dibintangi oleh Park Min Young. (INSTAGRAM/HER PRIVATE LIFE)
Mon, 03 Aug 2020

Bagi penggemar K-Pop, istilah sasaeng mungkin sudah enggak asing lagi. Sasaeng berasal dari kata sasaenghwal, yang artinya kehidupan pribadi seseorang.

Julukan sasaeng diperuntukkan bagi para penggemar yang memiliki perilaku melebihi batas atau terlalu terobsesi terhadap idola.

Para penggemar sasaeng biasanya mengintai kehidupan pribadi para idola K-Pop sepanjang waktu. Kalian pasti bertanya-tanya, bagaimana cara mereka mendapatkan informasi detail tentang kehidupan pribadi seorang idol.

Berikut ini adalah beberapa metode yang biasanya digunakan para penggemar sasaeng, seperti yang dilansir dari Koreaboo.

Media sosial

Media sosial adalah salah satu alat yang biasa digunakan para penggemar sasaeng untuk mencari tahu informasi tentang idola mereka.

Salah satu informasi yang biasa mereka cari adalah jadwal penerbangan, lengkap dengan nomor penerbangan, sehingga mereka dapat melakukan penerbangan yang sama dengan idola favorit mereka.


Foto ilustrasi dari drama Korea, Her Private Life. (INSTAGRAM/HER PRIVATE LIFE)

 

Seorang reporter berita Korea Selatan pernah melakukan penyamaran untuk mencari tahu bagaimana penggemar sasaeng dapat menemukan informasi lengkap seorang idol.

Dari situ ditemukan bahwa ada beberapa akun Twitter yang menjual informasi nomor tempat duduk di pesawat yang akan ditumpangi oleh seorang idol. Informasi tersebut tentu saja tidak gratis.

Setelah reporter tersebut mengirim uang yang diminta, informasi penerbangan pun diberikan. Reporter tersebut juga mengatakan bahwa orang yang menjalankan akun tersebut adalah karyawan bandara, dilihat dari kecepatan dan keakuratan informasi yang didapat.

Penggemar sasaeng juga biasa menguntit akun media sosial idol favorit mereka, serta akun orang yang terdekatnya, untuk mencari tahu keberadaan sang idol.

Sebuah kanal YouTube bernama Korea Scouter TV pernah mewawancarai seorang mantan penggemar sasaeng. Dia mengatakan bahwa media sosial adalah cara utama dia mendapatkan informasi tentang idola yang dia suka.




Berbagi informasi di antara penggemar sasaeng

Metode lain yang kerap digunakan adalah saling berbagi informasi tentang idola mereka di antara penggemar sasaeng lainnya.

Seorang mantan penggemar sasaeng BTS pernah memberitahu bagaimana dia akhirnya menjadi sumber informasi untuk para penggemar sasaeng lainnya.

Uang yang didapat dari saling tukar informasi tersebut kemudian dia gunakan kembali untuk mencari lebih banyak informasi tentang idolanya, seperti untuk membeli penerbangan ilegal, foto ilegal, foto pribadi, informasi pribadi, serta nomor telepon pribadi dari para idol.




Mencari pekerjan yang bisa membantu mendapatkan informasi

Metode lain yang digunakan adalah mendapatkan pekerjaan yang membantu mereka menemukan informasi pribadi tentang idola favorit mereka, seperti bekerja di perusahaan telepon untuk menemukan nomor telepon para idola, atau bekerja di agensi yang menaungi para idola.


Foto ilustrasi dari drama Korea, Her Private Life, Park Min Young berperan sebagai seorang penggemar idol K-pop. (INSTAGRAM/HER PRIVATE LIFE)

 

Berita Lainnya