Ada Lagu yang Tak Pernah Rilis, Kaset Rekaman John Lennon dan Yoko Ono dari 1970 Laku Rp 832 Juta

Hai Kawula Muda, pasangan ikonik ini memang selalu bikin penasaran ya?

Pasangan John Lennon dan Yoko Ono. (INSTAGRAM/JOHN LENNON)
Thu, 30 Sep 2021

Sebuah kaset berisi rekaman wawancara dengan John Lennon dan Yoko Ono saat berada di Denmark pada 1970 terjual senilai 370.000 krona Denmark atau sekitar Rp 832 juta.

Pada awalnya tawaran lelang  yang dilakukan di Kopenhagen pada Selasa (27/9/2021) waktu setempat untuk kaset dan sejumlah foto-foto yang diabadikan saat wawancara itu dibuka dengan nilai 100.000 krona.

Sebelum pelelangan, lot itu telah dihargai antara 200.000 hingga 300.000 krona, hingga akhirnya terjual senilai 370.000 krona.

Meski telah laku dalam pelelangan, namun belum diketahui siapa yang membeli rekaman tersebut.

Kaset rekaman John Lennon dan Yoko Ono. (BBC)

Direkam oleh empat remaja Denmark

Pasangan John Lennon dan Yoko Ono tiba di Denmark utara pada akhir Desember 1969 dan tinggal di sebuah peternakan terpencil selama lebih dari sebulan.

Rekaman wawancara dibuat pada 5 Januari 1970 oleh empat anak laki-laki Denmark berusia 16 tahun. Remaja-remaja ini berhasil mewawancarai John Lennon dan Yoko Ono untuk sebuah majalah sekolah.

Salah satu dari empat pemilik rekaman itu, Karsten Hojen yang hadir juga dalam lelang mengaku senang bisa menyampaikan pesan perdamaian dari pasangan ikonik itu.

Pertemuan dengan John Lennon dan Yoko Ono memiliki dampak besar pada kehidupan Hojen dan teman-temannya. Ia bahkan mengungkapkan seolah melihat John Lennon dan Yoko Ono sebagai semacam ‘nabi’ politik dan simbol perdamaian.

“Saya berharap pemilik baru akan menikmati mendengarkan percakapan kami dan terinspirasi dengan cara yang sama seperti kami 50 tahun yang lalu,” kata Hojen yang kini berusia 68 tahun.

Pasangan John Lennon dan Yoko Ono. (INSTAGRAM/BRIANHAMILL PHOTOGRAPHY)

Berisi tentang banyak pesan

Dalam rekaman berdurasi 33 menit itu Lennon berbicara tentang kampanye perdamaian yang dilakukannya bersama Ono. Ia juga mengungkapkan rasa  frustrasinya dengan citra The Beatles, serta tentang rambutnya yang panjang.

Pada rekaman itu juga, remaja laki-laki bertanya bagaimana mereka dapat membantu Lennon dan Ono dalam pencarian mereka untuk perdamaian dunia, yang ditanggapi oleh Lennon:

“Jika kamu sendiri tidak dapat memikirkan ide apa pun, tirulah apa yang kami lakukan. Duduk saja dan pikirkan, apa yang bisa aku lakukan di tempat itu untuk perdamaian?” kata Lennon.

Kaset rekaman dan foto-foto John Lennon dan Yoko Ono. (MANILA BULLETIN)

Ada lagu yang tidak pernah dirilis

Selain merekam wawancara, kaset tersebut juga memuat lagu yang tidak pernah dirilis oleh John Lennon. Kemungkinan besar belum pernah dirilis John Lennon, berjudul Radio Peace.

Bahkan rekaman itu juga menampilkan Lennon dan Ono menyanyikan lagu-lagu Natal sambil menari di sekitar pohon Natal. Sambil bermain gitar, mereka menyanyikan Give Peace a Chance, termasuk lagu Radio Peace.

Rumah lelang menyebutkan, kata “this is Radio Peace” yang diulang-ulang dalam lagu mengacu pada stasiun radio bernama sama yang John Lennon dan Yoko Ono harapkan untuk didirikan di Amsterdam.

Berita Lainnya