Heboh! Akun John Lennon Mendadak Jawa

Hai Kawula Muda, John Lennon bisa Bahasa Jawa nih?

Akun Instagram John Lennon mengunggah penggalan lagu "Imagine" dalam bahasa Jawa. (INSTAGRAM/JOHN LENNON)
Mon, 13 Sep 2021

Baru-baru ini warganet Indonesia mendadak dihebohkan oleh akun Instagram resmi untuk mendiang John Lennon. Pasalnya, unggahan di akun salah satu personel band lagendaris The Beatlles tersebut mendadak menggunakan kalimat berbahasa Jawa .

"Bayangke kabeh wong urip tentrem," begitu tulisan dalam bahasa Jawa yang diunggah oleh admin akun Instagram @johnlennon, Minggu (12/9/2021).

Dan rupanya, kalimat bahasa Jawa itu merupakan penggalan lirik lagu 'Imagine' milik The Beatles yang melegenda.

Memperingati 50 tahun lagu “Imagine” 

Sebenarnya kalimat berbahasa Jawa dalam akun John Lennon merupakan terjemahan dari salah satu bait dari lagu John Lennon yang rilis pada 1971 berjudul Imagine.

 "Imagine all the people living life in peace".


Tetapi ternyata, tidak hanya bahasa Jawa yang bisa ditemukan dalam unggahan akun John Lennon itu. Akun tersebut juga mengunggah penggalan lirik yang sama dalam berbagai bahasa  di dunia.

Salah satunya, pada unggahan ditulis kalimat penggalan lagu Imagine dalam  bahasa Indonesia yang isinya, "Bayangkan semua orang hidup dengan damai."

Selain bahasa Indonesia, akun tersebut juga mengunggah dalam beragam bahasa dari negara lain yang maknanya pun sama. Misalnya saja bahasa Rusia, Jepang, Prancis, Arab, dan sebagainya.

Usut punya usut, rupanya hal itu dilakukan dalam rangka memperingati 50 tahun lagu Imagine dirilis.

Reaksi warganet Indonesia 

Lagu Imagine memang ikonik dengan pesan perdamaian, sehingga melekat dikalangan penggemar maupun masyarakat umum. Sontak postingan lirik bahasa Jawa itu dibanjiri oleh komentar warganet Indonesia.

Reaksi warganet Indonesia atas unggahan ini bermacam-macam. Ada yang mengucapkan terima kasih, candaan,  mengirimi doa, dan banyak diantaranya beekomentar dengan bahasa Jawa.

"sendiko dawuh mbah John” tulis @kiyominakayamaa

"matur nuwun, cak” @hanigmhd.

“Mbah Lennon mugi tentrem” @mauwik2

Di unggahan bahasa Indonesia pun, ucapan terima kasih dan doa untuk keluarga John Lennon turut bertebaran.

Masih di hari yang sama, akun John Lennon kembali mengunggah penggalan serupa namun dalam bahasa Sunda. Sama antusiasnya, warganet pun memberikan komentar-komentar menarik hingga menggelitik.

John Lennon, salah satu personel band legendaris The Beatles. IINSTAGRAM/JOHN LENNON)

Akun untuk John Lennon

Akun instagram resmi John Lennon bukanlah buatan John Lennon. Akun ini dibuat sejak tahun 2012 untuk menghormati penyanyi asal Liverpool ini.  

John Lennon meninggal pada tahun 1980 di usia 40 tahun karena dibunuh oleh penggemar The Beatles.

Berita Lainnya