Aktor Korea Selatan Song Kang Ho Dikabarkan Terpilih Jadi Juri Festival Film Cannes 2021

Kawula Muda, Song Kang Ho menjadi tokoh perfilman Korsel kelima yang pernah diundang.

Song Kang Ho, aktor Korea Selatan yang bermain dalam film "Parasite". (TWITTER/KDRAMASTAR)
Sun, 13 Jun 2021

Menurut kantor berita Yonhap, aktor Korea Selatan Song Kang Ho dikabarkan telah ditunjuk sebagai salah satu anggota juri untuk kategori kompetisi di Festival Film Cannes ke-74 yang rencananya akan digelar bulan depan.

Aktor yang berperan apik dalam film Parasite ini menjadi tokoh perfilman Korea Selatan kelima yang berhasil diundang sebagai juri untuk kategori kompetisi di Festival Film Cannes.

Sebelumnya, beberapa tokoh ternama di bidang perfilman Korea Selatan pernah diundang untuk bergabung sebagai juri dalam ajang penghargaan bergengsi tersebut.

Pada 1994, ada sutradara Shin Sang Ok, pada 2009 terdapat nama sutradara Lee Chang Dong. Sementara itu, pada 2014, aktris Jeon Do Yeon terpilih juga menjadi salah satu juri. Terakhir, pada 2017, sutradara Park Chan Wook masuk dalam jajaran juri.

Jika terpilih, maka Song Kang Ho menjadi aktor Korea Selatan pertama yang menjadi juri di Festival Film Cannes. Daftar lengkap untuk jajaran juri dalam ajang tersebut baru akan diumumkan oleh pembuat film ternama asal Amerika Serikat, Spike Lee, minggu depan.

Selain sebagai juri, Song Kang Ho juga akan tampil di Festival Film Cannes sebagai aktor utama dalam film Emergency Declaration. Film yang mengangkat tema tentang bencana tersebut berhasil masuk nominasi untuk kategori non-kompetisi.

Bukan kali ini saja Song Kang Ho terlibat dalam Festival Film Cannes. Mulai 2007, Song Kang Ho memiliki ikatan khusus dengan Cannes. Pada Festival Film Cannes ke-72, dia menjadi satu-satunya aktor yang berdiri di samping sutradara Bong Joon Ho untuk berbagi momen kejayaan saat film Parasite memenangkan Palme d’Or.

Selain itu, beberapa film yang ia bintangi yaitu Secret Sunshine (2007), The Good, The Bad, The Weird (2008), Thirst (2009), juga berhasil menjadi nomine dalam kategori non-kompetisi di ajang tersebut.

Kini, Song Kang Ho tengah disibukkan dengan kegiatan syuting film Korea terbaru dari Hirokazu Koreeda yang berjudul Broker (judul sementara). Dia akan langsung terbang ke Cannes di awal Juli segera setelah menyelesaikan syuting.

Berita Lainnya