Aktris Senior Rima Melati Meninggal Dunia di Usia 84 Tahun

Kawula Muda, Rima Melati sempat didiagnosis menderita kanker payudara.

Aktris senior Indonesia, Rima Melati. (TWITTER)
Fri, 24 Jun 2022


Kabar duka menyelimuti dunia perfilman Tanah Air. Aktris senior Rima Melati dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (23/06/2022) di RSPAD, Jakarta.

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh Marisa Tumbuan yang merupakan anak menantu dari Rima Melati, melalui pesan singkat.

“Telah berpulang dengan tenang ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa, Ibu RIMA MELATI, ibunda/mertua terkasih dari Aditya Bimasakti dan Marisa Tumbuan, pada hari ini Kamis 23 Juni 2022 pada pukul 15.14 WIB di RSPAD Jakarta Pusat.”

Aktris yang lahir di Tondano, Sulawesi Utara pada 22 Agustus 1939 ini tutup usia pada umur 84 tahun. Sebelum meninggal dunia, Rima diketahui sempat menjalani perawatan intensif di RSPAD, Jakarta.

Pada 1989, istri dari almarhum Frans Tumbuan ini sempat didiagnosis mengidap kanker payudara stadium 3B. Kebiasaan merokok sejak usia remaja disebutnya sebagai salah satu penyebab kanker yang ia derita.

Aktris yang pernah bermain dalam film legendaris Kabut Sutra Ungu ini pun memilih untuk menjalani perawatan termasuk kemoterapi di Belanda.

Selama bertahun-tahun, Rima dengan telaten menjalani pengobatan untuk memulihkan kondisinya kembali. Hingga akhirnya, ia dinyatakan pulih dari penyakit kanker.

Setelah meninggalkan dunia akting, aktris yang bernama asli Marjolien Tambajong ini lebih memilih untuk bergelut di dunia fesyen dengan menjadi perancang busana.

Rima juga aktif dalam kegiatan sosial terutama untuk mengkampanyekan gerakan sadar kanker payudara bersama dengan Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta.

Selain itu, Rima juga aktif melakukan sosialisasi bersama dengan Yayasan Indonesia Tanpa Tembakau hingga membuatnya menerima penghargaan dari WHO.

Selamat jalan, Rima Melati!

Berita Lainnya