Apa Itu Drama Audio yang jadi Podcast sebagai Tren Hiburan Anak Muda

Siapa yang suka mendengarkan drama audio?

Ilustrasi drama audio. Apa Itu Drama Audio yang jadi Podcast sebagai Tren Hiburan Anak Muda? (UNSPLASH)
Wed, 19 Jul 2023

Kawula Muda, ada yang pernah dengar sandiwara radio atau drama audio? Saat ini, sandiwara radio mungkin bisa lo dengarkan lewat podcast. Namun, jauh sebelum kehadiran podcast pada masa kini, orang-orang mengenalnya dengan sandiwara radio.

Sandiwara radio adalah sebuah bentuk hiburan audio yang menggabungkan dialog, cerita, musik, dan efek suara untuk menciptakan drama atau komedi yang dapat dinikmati melalui indra pendengar. Sandiwara radio sering disajikan dalam bentuk rekaman suara dan disiarkan melalui radio pada masa lalu. 

Sandiwara radio jadi tren hiburan pada tahun 1940an dan mulai tergusur semenjak kehadiran televisi di tahun 1950an yang menyajikan drama dengan konsep penambahan visual.

Apa itu drama audio dan perbedaannya dengan podcast? (UNSPLASH)

Tetapi seiring berkembangnya zaman, sandiwara radio menjadi hiburan drama audio yang bisa didengarkan secara on demand melalui media bernama podcast.

Podcast sendiri hadir di tahun 2000-an. Awalnya, hiburan audio ini muncul di kalangan pengguna iPod dan kini bisa didengarkan melalui YouTube, Noice, Spotify bahkan aplikasi radio seperti Prambors Radio Apps.

Podcast adalah format konten audio yang dapat diunduh atau di-streaming secara online. Podcast menyajikan beragam topik, termasuk cerita, berita, wawancara, hiburan, dan pembelajaran. 

Podcast dapat diakses melalui platform podcast yang tersedia di berbagai perangkat, seperti ponsel, tablet, dan komputer. Podcast memungkinkan pendengar untuk menikmati konten audio sesuai minat mereka kapan pun dan di mana pun.

Dalam format podcast, sandiwara radio sering kali menjadi salah satu jenis konten yang populer. Podcast dengan format sandiwara radio menghadirkan cerita-cerita menarik dengan suara dan dialog yang dramatis, mengandalkan imajinasi pendengar untuk menciptakan pengalaman yang mendalam.

Podcast memberikan kebebasan akses kepada pendengar dan menciptakan ruang bagi para kreator dan penggemar sandiwara radio untuk berinteraksi dan berbagi pengalaman. Dengan demikian, sandiwara radio dalam bentuk podcast menjadi alternatif menarik dan mendalam dalam hiburan audio modern.

Drama Audio Favorit Saat Ini: “The Stories” dari Prambors 

Drama audio dengan tema yang relate dengan anak muda, "The Stories" di Prambors (PRAMBORS)

“The Stories” sendiri merupakan drama audio Prambors yang hadir sejak tahun 2022. Pada musim pertamanya, “The Stories” memperkenalkan anggota geng Para Pencari Kesetiaan (PPK) yang beranggotakan Ares, Amira dan Ale dari sudut pandang Ayas sebagai 'Mommy of the group'. 

Ayas yang bertugas sebagai 'fixer' dalam grup harus memastikan semua sahabatnya dapat ‘everything the best’ di hidup mereka. 

Meski dikenal sebagai seorang yang selalu membereskan masalah orang lain, Ayas juga memendam masalah, Kawula Muda.

Ternyata, Ayas selama ini diam-diam menjadi selingkuhan Miko, asisten dosennya yang sudah punya tunangan. Ares menemukan itu setelah Ayas menerima telepon jam 2 malam di apartemennya.

Di musim pertama, "The Stories Season 1" sukses didengarkan lebih dari 24 ribu loh, Kawula Muda!

Tidak berhenti sampai di sana, cerita geng PPK pun berlanjut ke musim kedua, “The Stories Season 2: Balada Cerita Ramadhan 2023” yang sudah didengarkan oleh lebih dari 50.000 pendengar dan masih terus bertambah.

Setelah sukses dengan musim pertama dan kedua, drama audio "The Stories" dipastikan lanjut ke musim ketiga (UNSPLASH)

“The Stories Season 2: Balada Cerita Ramadhan 2023” merupakan kelanjutan dari "The Stories Season 1" yang telah tayang sebelumnya pada bulan November 2022. 

Ditulis dengan penuh keseruan oleh Rizki Rahmadania Putri, "The Stories Season 2" yang tayang di empat radio, yaitu Prambors, Delta FM, Bahana FM, dan Female Radio ini kembali menceritakan perjalanan persahabatan geng PPK yang diperankan oleh para penyiar Prambors. 

Terdiri dari Ayas (Bella Arswendita) si ‘mom of the group’, Ares (Beryl Rasandavi) si cuek yang terjebak friendzone, Ale (Ralvi Nasution) si playboy yang belajar setia, dan Amira (Hanny Dini) si fans K-Pop garis keras.

Selain alur cerita yang beragam, "The Stories Season 2: Balada Cerita Ramadhan 2023" mengundang beberapa artis ternama, seperti Dwi Sasono, Umay Shahab, Della Dartian, Nino Kayam, Dustin Tiffani, Twinda Rarasati, dan Ayu Dyah Pasha. 

Daftarkan diri jadi Pengisi Suara di “The Stories 3”

Oprec Pengisi Suara Drama Audio The Stories 3

Kawula Muda, saat ini drama audio “The Stories” dipastikan akan melanjutkan ke musim ketiga. “The Stories 3” sendiri dibuka dengan hal menarik yang berbeda dari musim sebelumnya, yakni open recruitment pengisi suara drama audio “The Stories 3”.

Yes, sebelum memulai musim terbarunya, "The Stories 3" akan mengadakan audisi terbuka untuk Kawula Muda yang tertarik menjadi pengisi suara drama audio yang menceritakan persoalan yang relate dengan anak muda tersebut.

Tidak hanya berkesempatan beradu akting di drama audio favorit Indonesia saat ini, lo juga berkesempatan memenangkan hadiah total jutaan Rupiah!

Simak cara menjadi pengisi suara "The Stories 3":

Kriteria

1. Cowok atau cewek usia 15-29 tahun

2. Bisa akting

3. Bersedia mengikuti semua tahapan yang dilaksanakan Prambors

4. Tau dan paham tentang audio series “The Stories”

Cara Ikutan

1. Rekam audio voice over (VO) akting kamu dengan script yang disediakan di bawah ini:

Script The Stories 3, Cek Cara Pendaftaran dan Kriteria Pengisi Suara Drama Audio The Stories 3 (PRAMBORS)

2. Rename file audionya dengan format NAMA_KOTA_PERAN

3. Format audio yang lo unggah harus dengan format wav atau mp3 dan ukuran maksimal 50MB.

4. Isi data diri dan upload atau unggah audio lo dalam link ini (khusus untuk user iPhone tahan klik agak lama, lalu klik open link)

Oprec pengisi suara The Stories 3 akan dibuka pada 17 - 24 Juli 2023. Bagi Kawula Muda yang beruntung, Tim Prambors akan menghubungi lo untuk lanjut ke tahap berikutnya. Hal tersebut juga menunjukkan jika lo berkesempatan untuk memenangkan hadiah total senilai jutaan rupiah.

Untuk informasi lengkap seputar open recruitment pengisi suara cast The Stories 3, lo bisa klik di sini atau follow Instagram Prambors di @prambors.

Jangan lupa untuk download Prambors Radio Apps di App Store atau Play Store untuk update terlengkap The Stories 3 ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya