Asal-usul di Balik Nama Panggung “The Weeknd”

Kawula Muda, penggemar The Weeknd harus banget tahu soal ini.

Image Caption
Wed, 02 Dec 2020

Abel Makkonen Tesfaye alias The Weeknd telah dikenal sebagai penyanyi R&B kelas dunia yang sangat diperhitungkan saat ini. Ketenarannya saat ini tak lepas dari nama panggung yang digunakannya sejak belasan tahun lalu.

Tetapi, tahukan kalian kenapa Abel menggunakan “The Weeknd” sebagai nama panggung?

Artis asal Toronto, Kanada, ini muncul dengan nama “The Weeknd” setelah dia kabur dari rumah akibat putus sekolah saat menempuh pendidikan di tingkat SMA. Hal tersebut disampaikannya pada 2013.

“Aku meninggalkan rumah ketika berumur sekitar 17 tahun (karena) putus sekolah dan mengajak La Mar (Taylor) untuk melakukan itu,” ungkap The Weeknd sambil menyinggung soal teman SMA-nya yang kini menjadi anggota dari label rekaman XO miliknya.

“Kami membawa kasur dri rumah orang tua kami lalu melemparnya ke mobil van jelek dan pergi saat weekend dan tidak pernah balik lagi ke rumah. Itulah yang menjadi cerita dari (lagu) HOB (House of Balloons). Aku benci nama asliku saat itu, jadi aku coba menggunakannya sebagai nama panggung. Kedengarannya keren,” kata penyanyi 30 tahun itu.

Penyanyi Kanada, The Weeknd. (INSTAGRAM/THE WEEKND)

 

Abel juga menceritakan keputusannya untuk menghilangkan huruf “e” dari kata “The Weekend” menjadi “The Weeknd” untuk menghindari masalah hak cipta.

“Aku hilangkan (huruf) ‘e’ karena sudah ada band Kanada bernama The Weekend,” ujar Abel.

Meski nama The Weeknd telah membawanya menjadi musisi ternama, Abel ternyata juga pernah berpikir untuk tidak menggunakan nama itu lagi. Hal itu diungkapkannya pada 2017, melalui sebuah wawancara dengan majalah Harper’s Bazaar. 

“Mungkin aku akan pensiun menjadi ‘The Weeknd’, mungkin aku akan memberinya (waktu) istirahat,”

Baik itu sebagai The Weeknd maupun Abel Tesfaye, keduanya tetap sama-sama keren kok. Iya kan?

Berita Lainnya