Baru Ditunjuk Jadi Brand Ambassador Scarlett, TWICE Diminta Hentikan Kontrak!

Kawula Muda, penunjukan TWICE telah memicu kontroversi.

Penampilan TWICE untuk brand ambassador produk kecantikan asal Indonesia. (INSTAGRAM/SCARLETT WHITENING)
Sun, 17 Oct 2021

Girlgroup TWICE baru saja ditunjuk menjadi brand ambassador dari produk kecantikan milik Felicya Angelista, Scarlett.

Sayangnya, penunjukan TWICE tersebut langsung menuai polemik di antara para penggemarnya. Bahkan mereka meminta agar JYP Entertainment selaku agensi TWICE menghentikan kontrak kerja sama anak asuh mereka dengan produk kecantikan tersebut.

Melansir dari Koreaboo, sebagian ONCE (sebutan para penggemar TWICE) menilai, kerja sama TWICE dengan produk kecantikan itu akan mendukung penggunaan pemutih kulit. Secara tidak langsung maka TWICE dianggap ikut andil dalam tindakan diskriminasi.

Selama ini, produk kecantikan pencerah dan pemutih kulit telah menjadi bahan perdebatan oleh banyak orang. Penggunaaan produk pencerah kulit dinilai memicu prasangka berdasarkan warna kulit seseorang.

Produk pencerah ataupun pemutih kulit dinilai dapat membuat kesan bahwa seseorang baru akan dianggap cantik bila memiliki kulit cerah ataupun putih. Ini tentu saja dapat menggiring opini negatif dan tidak baik untuk citra TWICE.

Apalagi saat ini TWICE tengah memperluas karier mereka di dunia internasional dengan merilis single berbahasa Inggris berjudul The Feels.

Karena tak ingin idola mereka mendukung hal negatif, sebagian penggemar TWICE mengirim email massal ke JYP Entertainment dan meminta agensi agar menghentikan kerja sama tersebut.

TWICE rilis lagu berbahasa Inggris pertama mereka yang berjudul "The Feels". (TWITTER/TWICE)

 

“Kami merasa tidak etis bahwa TWICE mempromosikan merek dengan produk pemutih kulit, mengetahui bahwa mereka memiliki penggemar dengan kulit yang lebih gelap, “ begitu isi sebagian dari email para penggemar TWICE kepada JYP seperti yang dikutip dari Koreaboo.

“Kami meminta Anda (JYP) untuk mempertimbangkan hal ini dan berpikir dengan hati-hati untuk keluar dari kesepakatan atau promosi merek ini karena dapat merusak tidak hanya citra anggota TWICE, tetapi juga dapat sangat menyakitkan bagi penggemar mereka,” sambung mereka.

Namun, tidak semua penggemar TWICE melayangkan aksi protes. Fans lain mencoba menjelaskan bahwa produk kecantikan yang menjadikan TWICE brand ambassador tidak berbahaya untuk kulit dan tidak membuat kulit menjadi putih tetapi hanya menjadikannya lebih cerah.

Beberapa fans juga memberi tahu bahwa produk kecantikan itu juga memiliki brand ambassador lain yang memiliki kulit kecoklatan yaitu Agnez Mo.

Hingga saat ini, pihak JYP Entertainment belum memberikan keterangan resmi apapun. Namun, usai kontroversi ini mencuat, mereka telah menghapus cuitan di akun Twitter TWICE yang mengunggah promosi brand kecantikan itu.

Berita Lainnya