Daftar Musisi yang Dipaksa Label untuk Viral di TikTok

Waduh pemaksaan nih!

Halsey di Grammy Awards 2022. (BILLBOARD)
Thu, 26 May 2022

Kemajuan teknologi memudahkan informasi untuk tersebar luas. Seperti aplikasi TikTok yang menjadi tempat terbaik untuk melakukan promosi lagu melalui dance challenge yang viral. Sayangnya sekarang hal itu justru membuat beberapa label jadi putus asa dan melakukan berbagai hal agar bisa viral di TikTok.

Contoh lagu yang berhasil menjadi hits usai viral di TikTok adalah lagu dari Lizzo ‘About Damn Time’ yang sukses di streaming di berbagai platform musik. Tapi tampaknya beberapa musisi mulai mengeluh dengan tekanan dari label musik mereka yang mencoba membuat momen viral di TikTok. Berikut musisi-musisi yang menyampaikan keluhan mereka tentang kewajiban untuk viral.

1. Halsey

@halsey

I’m tired

♬ original sound - Halsey

Halsey menjadi musisi yang baru-baru ini menyampaikan amarahnya atas label musik yang menuntut dirinya untuk viral. Ia menyatakan dirinya memiliki lagu yang ingin dirilis tapi dilarang label kecuali ia bisa memalsukan momen viral di TikTok. Tapi Halsey membela diri bahwa ia lelah dan hanya ingin merilis lagunya. 

2. Charli XCX

@charlixcx

Stream good ones tho !

♬ didnt want to be here - TheBaldestBitch

Lewat akun TikTok pribadinya, Charli membuat video singkat yang menyatakan sebenarnya ia tak mau serta kurang nyaman untuk membuat video dan terpaksa oleh label musiknya. Namun, Charli mengklarifikasi lewat Twitter kalau video TikTok-nya hanyalah bercanda semata.

3. Florence Welch

@florence

The label are begging me for ‘low fi tik toks’ so here you go. pls send help ☠️ x

♬ original sound - Florence

Florence memberikan caption di video TikTok-nya bahwa label musiknya memohon untuk ada lagu lo-fi TikTok sehingga ia terpaksa dan meminta bantuan sambil berekspresi sedih.

4. Ed Sheeran

@edsheeran

Tag someone that likes snacks

♬ 2step (feat. Lil Baby) - Ed Sheeran

Kalau musisi yang lain terlihat marah dan sedih saat labelnya meminta membuat video TikTok, berbeda dengan Ed Sheeran. Musisi yang satu ini justru terlihat menikmati dan berkreasi dengan berbagai filter di aplikasi TikTok.

5. FKA Twigs

FKA twigs menyampaikan kekecewaannya di TikTok (TIKTOK)

 

FKA Twigs sudah menghapus video TikTok-nya, nih. Tapi sebelumnya, ia menyatakan kalau label musik memang memaksa musisinya untuk membuat sebuah konten TikTok. 

6. Betty Who

Musisi Betty Who (INSTAGRAM/bettywho)

 

Dalam sebuah wawancara di podcast Las Culturistas, Betty Who menyatakan keluhannya dengan industri musik. Betty Who merupakan musisi indie yang membuatnya harus mendapatkan tandatangan label untuk merilis lagunya. Tetapi para label musik hanya mau menandatangani orang yang sedang viral di TikTok saja.

7. Maggie Rogers

@maggierogers

lol

♬ TWIA by Maggie Rogers - Maggie Rogers

Maggie menyampaikan keluhannya saat dirinya sedang di bar dan teringat labelnya menyuruh ia membuat semua video TikTok. Ia pun membuat semua promosi album barunya secara terpaksa sambil meratapi diri di kamar mandi bar di New York.

8. Omar Apollo

@omar.apollo


♬ worst behaviour x streets - <3

Kalau musisi yang satu ini sepertinya diwajibkan membuat video TikTok sehari dua kali, nih. Omar membuat sebuah pernyataan mengenai label yang mewajibkannya untuk posting video di TikTok.

Nah, tapi ada beberapa spekulasi yang mengatakan kalau musisi yang membuat konten video pemaksaan label musik justru sebenarnya menjadi teknik marketing

Jadi gimana menurut Kawula Muda?

Berita Lainnya