Halsey Akui Label Astralwerks Larang Rilis Lagu Sebelum Viral di TikTok

Kawula Muda, semakin banyak artis yang mulai melihat kesuksesan dengan algoritme TikTok

Halsey, penyanyi Amerika Serikat. (TWITTER/POP CRAVE)
Mon, 23 May 2022


Halsey membuat pengakuan mengejutkan melalui video yang diunggahnya di TikTok pada Minggu (22/05/2022). Dalam video tersebut Halsey mengaku bahwa dia dilarang merilis lagu yang dia sukai sebelum ada momen viral di TikTok.

Dalam video berdurasi 29 detik itu Halsey melampiaskan rasa kesalnya pada label rekaman yang telah menaunganinya, Astralwerks.

“Pada dasarnya, saya punya lagu favorit yang ingin saya rilis secepatnya, tetapi label rekaman saya tidak mengizinkannya,” tulis Halsey melalui akun TikTok miliknya seperti yang dikutip dari Variety, Senin (23/05/2022).

Dengan trek yang belum dirilis terdengar diputar dan menjadi latar belakang, Halsey melanjutkan curhatannya dengan wajah yang berkerut.

“Saya telah berada di industri ini selama delapan tahun dan saya telah menjual lebih dari 165 juta rekaman. Perusahaan bilang saya tidak dapat merilis lagu kecuali mereka dapat memalsukan momen viral di TikTok,” lanjutnya.

Dengan beredarnya video curhatan Halsey di TikTok tersebut pihak perwakilannya serta Astralwerks/Capitol, belum memberikan tanggapan apapun. Namun, sejumlah pengamat musik justru menyoroti hal yang disampaikan oleh Halsey tersebut.

Ini karena semakin banyak artis yang mulai melihat kesuksesan dengan algoritme TikTok.  Selain itu, bukan rahasia lagi kalau label dan tim artis seringkali membuat “momen viral” di platform media sosial untuk meningkatkan perhatian publik seputar perilisan lagu, album, ataupun proyek tertentu.

Seperti yang pernah dilakukan oleh Kid LAROI baru-baru ini dengan mantan manajernya Scooter Braun. Setelah video Kid LAROI yang memulai perseteruan palsu dengan Scooter Braun viral di TikTok, ternyata hal itu hanyalah gimmick semata untuk mempromosikan lagu terbaru yang akan dirilisnya, Thousand Miles.

“Semuanya pemasaran,” kata Halsey.

“Dan mereka melakukan ini untuk setiap artis akhir-akhir ini. Saya hanya ingin merilis musik dan saya pantas mendapatkan yang lebih baik. Saya lelah,” tambahnya lagi.

Halsey diketahui telah menandatangani kontrak dengan Astralwerks sejak 2014. Ini bukan pertama kalinya dia melontarkan sindiran terhadap labelnya tersebut.

Pada saat ia menyambut anak pertamanya, ia sempat memberikan komentar sinis terhadap reaksi label pada kehamilannya.

“Anda harus menelepon CEO X,Y,Z dan berkata,’Hei, hai. Saya hanya menelepon untuk memberitahu Anda, saya hamil. Saya tidak ingin Anda mengetahuinya di Instagram. Saya ingin memberitahu Anda sendiri, secara pribadi. Bisnis akan tetap berjalan seperti biasa, jangan khawatir,” kata Halsey pada Zane Lowe dari Apple Music, seperti yang dikutip dari Variety.

Berita Lainnya