Deretan Kontroversi Kanye West, dari Calonkan Diri Jadi Presiden hingga Idap Penyakit Mental

Kawula Muda, mencalonkan diri sebagai calon presiden Amerika Serikat menggantikan Donald Trump, ternyata Kanye West idap gangguan mental.

Kanye West (INSTAGRAM/KIM KARDASHIAN)
Wed, 22 Jul 2020

Nama Kanye West beberapa waktu terakhir ini tengah menjadi sorotan publik. Setelah didapuk sebagai musisi dengan penghasilan tertinggi di dunia, suami Kim Kardashiaan tersebut mengguncang publik lewat pernyataannya untuk terjun ke dunia politik.

Kanye menyatakan siap mencalonkan diri menjadi presiden Amerika Serikat, menggantikan Donald Trump.

Tak hanya itu, musisi yang pernah berseteru dengan Taylor Swift ini juga telah menuai kontroversi dengan beberapa cuitannya di Twitter akhir-akhir ini.

Berikut ini adalah deretan isu kontroversial Kanye West, yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

Calonkan diri jadi presiden

Lewat akun media sosialnya pada Sabtu (4/7/2020), Kanye West mengungkapkan keinginannya untuk menjadi presiden Amerika Serikat dalam Pemilihan Umum 2020.

Dalam cuitannya, rapper tersebut menuliskan, “Kita sekarang harus menyadari atas janji Amerika untuk percaya kepada Tuhan, menyatukan visi dan membangun masa depan. Saya akan mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat! #2020VISION.”

Niat Kanye ini pun mendapatkan tanggapan dari berbagai pihak, termasuk Elon Musk yang memberika dukungan. Pada Rabu (15/07/2020), Kanye West secara resmi mendaftarkan diri sebagai kandidat calon presiden AS dari wilayah pemilihan Oklahoma.

Pidato kontroversial

Dalam kampanye yang digelar di North Carolina, Kanye West sempat mengungkapkan hal yang membuat publik terkejut, tak terkecuali Kim Kardashian. Kanye mengaku bahwa dia nyaris menggugurkan putri pertamanya, North West, saat masih dalam kandungan Kim Kardashian.

“Saya  hampir membunuh putri saya,” ucap Kanye sambil berurai air mata. Pengakuan Kanye ini pun dikabarkan membuat sang istri dan keluarga besarnya merasa kesal dan marah.

Tuduhan perselingkuhan sang istri dan isu perceraian

Pada Rabu (22/7/2020), lewat akun Twitternya, Kanye kembali mencuitkan hal yang kontroversial.

“Saya telah mencoba bercerai sejak Kim bertemu dengan Meek di Warldolf untuk reformasi penjara. Kim sudah keluar jalur,” tulis Kanye di Twitter, yang tak lama kemudian langsung dihapusnya.

Dilasir dari The Sun, cuitan Kanye ini dipicu saat Kim dan rapper Meek Mill menjadi pembicara dalam acara Criminal Justice Reform Summit di Los Angeles pada November 2018. Kanye merasa Kim terlalu dekat dengan Meek Mill, dan membuatnya marah.


Kanye West dan Kim Kardhasian (INSTAGRAM/KIM KARDASHIAN)

 

 

Tuduhan kepada keluarga Kim Kardashian

Selain menuduh sang istri telah berselingkuh, Kanye juga membuat tuduhan kontroversial terhadap sang ibu mertua, Kris Jenner, yang disebutnya Kris Jong Un, merujuk pada pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Kanye meracau bahwa istri dan ibu mertuanya telah mengurungnya dan memaksanya untuk menemui dokter guna diperiksa.

Derita penyakit mental 

Dalam unggahan Instagram Story pada Rabu (22/7/2020), Kim Kardashian mengungkapkan bahwa sang suami didiagnosis mengidap penyakit gangguan bipolar.

“Seperti yang kalian ketahui, Kanye memiliki gangguan bipolar. Siapa pun yang memiliki penyakit ini atau orang yang kalian cintai mengalaminya, tahu betapa rumit dan menyakitkannya hal ini untuk dipahami. Saya tidak pernah berbicara di depan umum bagaimana penyakit ini sangat memengaruhi keluarga kami di rumah, karena saya sangat melindungi anak-anak dan hak privasi Kanye ketika menyangkut kesehatannya. Tetapi, hari ini saya harus memberikan komentar karena adanya stigma dan kesalahpahaman tentang kesehatan mental, “ tulis Kim.  

Meski begitu, Kim Kardashian mengungkapkan bahwa sesungguhnya Kanye West adalah sosok yang cerdas, tetapi rumit. Ibu empat anak ini berharap Kanye West dapat menjalani perawatan secara intensif terkait dengan kondisinya.

Berita Lainnya