Diadaptasi dari Kisah Nyata dan Viral, Ini Fakta Menarik Film Korea “20th Century Girl” di Netflix

Kawula Muda, kisah "20th Century Girl" ternyata diadaptasi dari kisah sang sutradara.

20th Century Girl, film korea terbaru di Netflix. (TWITTER/NETFLIX)
Wed, 26 Oct 2022


Film Korea terbaru yang tayang di Netflix berjudul 20th Century Girl tengah viral dan menjadi topik perbincangan hangat warganet. Film yang dibintangi oleh Kim Yoo Jung dan Byeon Woo Seok ini dinilai sukses mengaduk emosi penonton.

Walaupun kisah yang dihadirkan cukup klise, menurut penonton alur cerita yang menarik membuat mereka tetap menonton film ini hingga akhir.

20th Century Girl mengajak para penonton mengenang masa-masa remaja yang indah, seperti ketika pertama kali merasakan cinta. Ternyata, cerita di 20th Century Girl diadaptasi dari kisah nyata, lho! Apalagi ya, fakta menarik film Korea 20th Century Girl? Simak di bawah ini ya, Kawula Muda!

Trending Twitter dan viral

Film 20th Century Girl langsung ramai dibicarakan oleh pengguna Twitter hingga menjadi trending topic sejak ditayangkan di Netflix pada 21 Oktober 2022.

Sejumlah penonton memberikan review tentang film tersebut disertai dengan foto cuplikan adegan. Beberapa bahkan membuat thread menarik tentang film 20th Century Girl.

Belum lagi ending cerita yang buat sebagian penonton merasa happy ending, tapi sebagian lagi justru merasa sesak dan menangis tersedu-sedu.

Deretan pemain yang menggemaskan

Deretan pemain film Korea "20th Century Girl". (TWITTER/NETFLIX)

 

Salah satu yang menjadi daya tarik di film 20th Century Girl adalah para pemerannya. Film ini diramaikan oleh sejumlah pemain muda berwajah imut dan menggemaskan.

Kim Yoo Jung sukses memikat hati penonton dengan memerankan Na Bo Ra, gadis SMA berusia 17 tahun yang ceria dan gemar Taekwondo. Ia kemudian harus terjebak antara cinta dan persahabatan.

Walaupun kini usia Kim Yoo Jung sudah 23 tahun, dia masih tetap bisa mengimbangi karakternya sebagai anak sekolah yang menggemaskan. Kim Yoo Jung memang bukan nama baru di industri peran Korea, dia sebelumnya telah bermain dalam sejumlah drama Korea seperti Backstreet Rookie, Lovers of the Red Sky, dan banyak lagi lainnya.

Lawan main Kim Yoo Jung yaitu Byeon Woo Seok berperan sebagai Poong Woon Ho, teman sekelas Nam Bo Ra, sekaligus rekan anggota klub penyiaran di sekolah. Sebelumnya, Byeon Woo Seok telah bermain dalam drakor Record of Youth, serta Flower Crew: Joseon Marriage Agency.

Sementara itu, aktor muda Park Jung Woo berperan sebagai Baek Hyun Jin, teman dekat Poong Woon Ho yang menjadi target pengamatan Na Bo Ra.

Park Jung Woo sebelumnya telah menarik perhatian publik berkat aktingnya di drama Korea Team Bulldog: Off-duty Investigation, Hospital Playlist 2, dan D.P.

Aktris pendatang baru Roh Yoon Seo memainkan karakter Yeon Do, yang memiliki jantung lemah. Ia diceritakan jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Baek Hyun Jin. Roh Yoon Seo sendiri mulai dikenal dengan perannya di drama Korea Our Blues.

Kisah klise tapi menarik ditonton

Kisah romansa ini bermula ketika Na Bo Ra (Kim Yoo Jung) menemukan rekaman video yang berisi kenangannya saat masa-masa SMA.

Ia pun kembali di bawa ke momen saat bertemu cinta pertamanya di SMA dan persahabatannya dengan Yeon Doo (Roh Yoon Seo).  Menurut siswi 17 tahun, persahabatannya dengan Yeon Doo lebih penting dari apapun.

Ketika Yeon Doo harus melakukan operasi jantung di Amerika Serikat, Na Bo Ra mendapat misi untuk mencari tahu tentang Baek Hyun Jin (Park Jung Woo) sampai dia kembali.

Baek Hyun Jin merupakan orang yang sangat disukai oleh Yeon Doo. Na Bo Ra pun mencoba mendekati Baek Hyun Jin dengan segala cara.

Ia dibantu dengan teman dekat Baek Hyun Jin, Poong Woon Ho (Byeon Woo Seok) yang justru mencuri perhatian dan membuat jantungnya berdetak.

Latar 1999 bawa kenangan

20th Century Girl mengambil latar pada 1999. Tentu saja, desain produksi film ini disesuaikan dengan latar waktu di akhir 1990-an. Ini terlihat dari sejumlah properti yang dipakai dalam film ini mulai dari telepon umum kon, kaset, hingga pager yang semakin membawa kenangan manis di era tersebut.

Bentuk bangunan yang terlihat lawas, membuat nuansa 1990-an sangat kental di film ini. Belum lagi ditambah dari warna setiap frame yang cenderung pastel pudar dan warm undertone sehingga membuat kesan lawas. Warna hingga desain produksi berubah ketika cerita mulai kembali ke masa kini.   

Diadaptasi dari kisah nyata

Film Korea "20th Century Girl" tayang di Netflix. (TWITTER/NETFLIX)

 

Naskah 20th Century Girl ditulis langsung oleh sang sutradara yaitu Bang Woo Ri. Ban Woo Ri dikenal seringkali menggarap film-film festival yang sukses. Film 20th Century Girl merupakan karya komersil pertama dari sang sutradara.

Dalam sebuah wawancara, Bang Woo Ri mengungkap bahwa film tersebut diadaptasi kisahnya sendiri. Waktu SMA, Bang Woo Ri pernah bertukar pesan dengan sahabatnya untuk membantu dia mengenal cinta pertamanya, seperti yang dilakukan Na Bo Ra untuk Yeon Doo.

Dia kemudian berpikir bahwa kisahnya itu sangat menarik jika diangkat menjadi film. Dia juga berpikir bahwa 20th Century Girl bisa menjadi hadiah untuk sahabatnya itu.

Ending yang viral

Ending film 20th Century Girl saat ini sedang hangat-hangatnya diperbincangkan di media sosial. Bang Woo Ri mengungkap bahwa dia sempat bingung menentukan ending-nya karena meskipun diadaptasi dari kisah nyata tidak benar-benar sama dengan kisah Na Bo Ra.

“Mengesampingkan cinta pertama setelah waktu berlalu dan meninggalkannya sebagai kenangan. Aku mengalami banyak kesulitan dalam memutuskan arah mana yang harus aku tuju di antara keduanya. Aku bertanya pada teman-temanku apakah mereka ingin bertemu kembali dengan cinta pertamanya dengan versi sekarang, dan dengan mempertimbangkan pendapat itu, aku menyimpulkan endingnya seperti sekarang,” jelas sutradara tersebut.

Wah, siapa yang jadi penasaran dan belum nonton 20th Century Girl, nih, Kawula Muda?

Berita Lainnya