Dituding Lecehkan Indonesia, Sunny Dahye Terima Ancaman Pembunuhan

Kawula Muda, kabarnya Sunny melaporkan sejumlah netizen.

YouTuber asal Korea Selatan, Sunny Dahye. (INSTAGRAM/SUNNY DAHYE)
Sat, 21 Aug 2021

Nama Sunny Dahye sepertinya masih ramai menjadi bahan pemberitaan. YouTuber asal Korea Selatan ini beberapa waktu lalu sempat dituding telah menghina masyarakat Indonesia dengan sebutan “bodoh” dan “miskin”.

Sunny juga dituding telah melakukan kebohongan di dalam beberapa kontennya. Setelah sempat diam, akhirnya Sunny buka suara dan melakukan klarifikasi atas tudingan tersebut.

Dalam video klarifikasi yang diunggah ke dalam kanal YouTube-nya, Sunny menyebutkan bahwa dia meminta maaf karena terlalu lama untuk memberikan penjelasan. Dia mengatakan pada saat tudingan kepadanya viral, di saat bersamaan dia harus kehilangan ayah tercinta.

Sunny menjelaskan bahwa dia merasa aneh kalau dianggap telah merendahkan masyarakat dari negara yang menjadi tempat dia menimba ilmu. Sunny memang telah lama tinggal di Indonesia, terutama pulau Bali.

Sejak masih duduk di bangku TK, Sunny telah tinggal di Bali. Setelah lulus SMA, ia lalu melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Dalam klarifikasinya, Sunny sempat meminta maaf jika ada yang merasa tersakiti atas kata-kata maupun tindakannya.

Ancaman pembunuhan

YouTuber asal Korea Selatan. (INSTAGRAM/SUNNY DAHYE)

 

Yang membuat kaget dari penjelasan Sunny adalah dia mengaku telah menerima banyak cacian hingga ancaman pembunuhan di media sosial miliknya. Hal tersebut tentu saja membuatnya sangat terpuruk.

“Jujur pada saat itu aku syok dan juga terluka. Dengan ratusan ribuan komen yang mengatakan aku, menyuruh aku untuk mati, ancaman mati, dan juga kata-kata kasar yang seharusnya tidak ditujukan pada seorang individual,” cerita Sunny.

Melansir dari Detik.com, Sunny mengaku bahwa dia telah melaporkan beberapa netizen yang menuduhnya menghina Indonesia. Saat membuat laporan ke Polda Metro Jaya, Sunny menyertakan beberapa tangkapan layar yang menjadi bukti ancaman pembunuhan dan tindakan cyber bully.

Dari salah satu bukti, seorang netizen diketahui telah mengancam Sunny jika ia pergi ke Bali.  

“If you come to bali you die,” bunyi pesan yang disampaikan oleh salah seorang netizen melalui Direct Messages (DM) ke Sunny Dahye.

Tim kuasa hukum Sunny Dahye, Philipus Sitepu, menyebutkan bahwa saat ini kondisi kliennya sangat terpuruk. Ancaman yang diterima Sunny juga membuatnya merasa khawatir untuk melakukan kegiatan.

Saat ini, Sunny telah melaporkan sejumlah akun Twitter yaitu @sunnytruth3, @fact33513247, @cereal86040198, dan juga @Sunnyisaliar.

Berita Lainnya