Fakta Unik Oppenheimer, Ternyata Suka Makan Nasi Goreng!

Katanya, pernah diajarin masak saat di Belanda, nih.

Fakta unik Oppenheimer yang ternyata suka makan nasi goreng (CBC NEWS)
Tue, 25 Jul 2023

Rupanya, sosok Oppenheimer di balik kepintarannya membuat bom atom yang berhasil ia jatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang juga mahir tentang menemukan selera makanan.

Dalam buku biografi American Prometheus - The Triumph & Tragedy of J. Robert Oppenheimer disebutkan, ahli fisika itu mengenal nasi goreng dari istri salah seorang teman sesama ahli fisika, George Uhlenbeck, Else Uhlenbeck dan jadi menu kesukaannya.

"Ketika mereka tidak memberikan selai kacang, Robert memperkenalkan nasi goreng, makanan pedas Indonesia-Belanda yang diajari masak oleh Else Uhlenbeck di Belanda."


Mengutip dari CNBC Indonesia, Selasa (25/07/2023), Oppenheimer sempat meminta bahan-bahan masakan untuk membuat nasi goreng.

Dalam sebuah wawancara melalui Atomic Heritage Foundation, Cherniss, kolega Oppenheimer yang pernah menjabat sebagai Direktur dari Institute for Advnce Study, New Jersey, menceritakan tentang Oppenheimer pernah memasak nasi goreng, makanan khas Indonesia.

"Dia (Oppenheimer) mengatakan pada suatu malam bahwa dia mengetahui makanan luar biasa dari kepulauan di laut selatan, yang bernama nasi goreng. Dia memberi tahu istri saya bahan-bahan yang dibutuhkan," kata Cherniss seperti dilansir dari situsnya.

"Saya mengingat beberapa (bahannya), karena dia (istri Cherniss) terkejut. Itu adalah mentega dengan jumlah banyak, banyak cabai merah, daging, dan saya tidak tahu itu apa, daging sapi muda sepertinya, atau sejenis itu, juga banyak bahan lainnya," lanjutnya.

Cherniss juga menceritakan jika Oppenheimer menyiapkan nasi goreng sekitar 1 sampai 1,5 jam di dapurnya. Teman-teman lainnya pun membantu untuk menyiapkan meja di ruang makan.

"Kami berdiri di sekitar dapur dan melihatnya memasak, melihatnya memasak makanan ini."

Rupanya, dibalik kepintarannya membuat bom atom yang berhasil ia jatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, Oppenheimer juga mahir memasak. 

Bapak atom tersebut kini sedang menjadi perbincangan usai adanya film Oppenheimer karya sutradara Christopher Nolan yang berdurasi kurang lebih 3 jam.

Film ini mengisahkan tentang fisikawan J. Robert Oppenheimer yang dibintangi oleh Cillian Murphy. Diceritakan bagaimana Oppenheimer membuat bom atom yang kemudian ia jatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Sayangnya, terciptanya bom atom itu tidak lantas membuat Oppenheimer merasakan pencapaian. Hidupnya dihantui dan tetap menemui halang dan rintang usai menciptakan senjata mematikan tersebut.

Film Oppenheimer sudah bisa lo saksikan di bioskop kesayangan lo ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya