Arti Barbenheimer, Istilah dari Film "Barbie" dan "Oppenheimer" yang Tayang Besok!

Film "Barbie" dan "Oppenheimer" yang tayang di tanggal serupa!

Mengenal istilah Barbenheimer, ketika film beda genre "Barbie" dan "Oppenheimer" tayang bersamaan di bioskop (OPPOYI)
Tue, 18 Jul 2023

Kawula Muda, dunia perfilman kembali ramai ketika hadirnya film Barbie dan film Oppenheimer di bioskop. Keduanya disebut sebagai dua film besar yang tayang bersamaan di bioskop secara global pada 21 Juli 2023, sedangkan di Indonesia pada 19 Juli 2023.

Genre dan kisah film Barbie dan Oppenheimer ini bertolak belakang hingga memunculkan istilah baru yang viral di media sosial yakni Barbenheimer.

Walau termasuk dalam deretan film besar box office, Barbie dan Oppenheimer memiliki sejumlah perbedaan yang tajam. Barbie menceritakan kisah fiksi komedi romantis tentang perjalanan boneka mainan kenamaan Barbie dan teman-temannya.

Sedangkan Oppenheimer, menceritakan tentang ilmuwan J Robert Oppenheimer yang mengembangkan senjata nuklir pertama dengan latar Perang Dunia II.

Istilah Barbenheimer ini bahkan sampai masuk ke dalam Wikipedia. Dikutip dari lamannya, fenomena ini muncul karena penayangan film tersebut serentak secara global di seluruh bioskop, dan hal ini cukup jarang terjadi di dunia perfilman.

Mengenal istilah Barbenheimer, ketika film beda genre "Barbie" dan "Oppenheimer" tayang bersamaan di bioskop (HARIAN DISWAY)

 

Film-film tersebut dibuat dari sosok sutradara yang ternama dan hebat juga, loh Kawula Muda. Barbie adalah film karya Greta Gerwig dan Oppenheimer karya Christopher Nolan.

Perbandingan yang bertolak belakang pada kedua film ini juga terlihat pada tone warna film, yakni Barbie banyak dihiasi dengan warna merah muda, sedangkan Oppenheimer cenderung berwarna oranye dan hitam. Lewat kedua film itu, penonton seakan disajikan dengan dua dunia yang berbeda.

Nama Barbenheimer pun memunculkan meme dan artwork di media sosial. Enggak sampai di situ, warganet juga membandingkan foto boneka Barbie dengan Oppenheimer sang pembuat bom atom seperti berada di universe yang sama.

Walau terjadi perbedaan yang sangat signifikan, aktris pemeran Barbie yaitu Margot Robbie dan sutradara Greta Gerwig sudah membeli tiket nonton film Oppenheimer, loh Kawula Muda.

"Ini adalah konsep film ganda, dan sah-sah saja jika ingin menontonnya dalam satu akhir pekan yang sama," kata Greta.

Begitu juga dengan Cillian Murphy selaku pemeran utama yang memerankan karakter Oppenheimer. Ia mengaku akan menonton Barbie.

"Aku pasti akan menonton 'Barbie'. 100 persen. Aku tak sabar ntuk melihatnya," ujar Cillian dalam wawancara bersama IGN.

Bahkan, aktor Hollywood Tom Cruise mengunggah foto dua tiket yang telah dipesan bersama sutradara Christopher McQuarrie, loh Kawula Muda!

Kalau Kawula Muda sendiri mau nonton film Barbie atau Oppenheimer dulu, nih?

Berita Lainnya