Fakta Film "Oppenheimer" yang akan Tayang di Bioskop 19 Juli 2023

Film biopik tentang seorang fisikawan yang dijuluki bapak bom atom.

Fakta dan sinopsis film "Oppenheimer" kisah biopik tentang Robert Oppenheimer yang tayang di bioskop 19 Juli 2023 (UNIVERSAL PICTURES)
Tue, 11 Jul 2023

Film Oppenheimer merupakan film terbaru yang akan tayang di bioskop pada 19 Juli 2023 mendatang. Sejak penayangan trailernya, film ini telah menarik perhatian.

Film biopik ini mengisahkan tentang sosok J. Robert Oppenheimer yakni fisikawan yang dijuluki sebagai bapak bom atom.

Christopher Nolan lagi-lagi ditarik sebagai sutradara setelah film sebelumnya yang juga sukses di box office yaitu The Dark Knight, Inception, Memento, Interstellar, dan Dunkirk.

Fakta dan sinopsis film "Oppenheimer" kisah biopik tentang Robert Oppenheimer yang tayang di bioskop 19 Juli 2023 (TELEGRAPH INDIA)

 

Berikut adalah fakta film Oppenheimer yang bakal tayang di bioskop Indonesia mulai 19 Juli 2023 mengutip dari berbagai sumber:

1. Diadaptasi dari Buku

Film Oppenheimer diadaptasi dari sebuah buku yang berjudul American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer.

Buku tersebut adalah karya dari Martin Sherwin dan Kai Bird yang meraih penghargaan Pulitzer pada 2006. Di buku ini, Christoper Nolan juga turut menulis, loh Kawula Muda.

2. Film Biopik Angkat Kisah Nyata Fisikawan Dunia

Oppenheimer adalah film perjalanan hidup yang menceritakan tentang seorang fisikawan teoritis dengan julukan Bapak Bom Atom, J. Robert Oppenheimer.

Oppenheimer memiliki kontribusi penting dalam penelitian dan pengembangan bom atom di bawah proyek The Manhattan Project selama Perang Dunia 2. 

Upaya pengembangan bom atom ini muncul karena kekhawatiran bahwa Adolf Hitler sedang mempersiapkan penggunaan teknologi nuklir yang dikembangkan oleh ilmuwan Jerman.

3. Diperankan oleh Aktor dan Aktris Ternama Hollywood

Aktor dan aktris Hollywood ternama membintangi film Oppenheimer. Bahkan, ada beberapa yang telah meraih penghargaan Oscar. Sebut saja Matt Damon, Gary Oldman, Rami Malek, Casey Affleck, dan Kenneth Branagh.

Untuk pemeran Robert Oppenheimer sendiri dibintangi oleh Cillian Murphy, lalu ada Florence Pugh, Robert Downey Jr., Emily Blunt, Jack Quaid, dan masih banyak lagi.

4. Tidak Memakai CGI

Pada film Oppenheimer, Christopher Nolan memilih untuk tidak menggunakan efek CGI. Nolan memilih untuk menggunakan practical effect sama seperti film-film sebelumnya.

Nolan sudah merinci bagaimana tim film Oppenheimer membuat ulang Trinity Test yakni uji ledakan pertama bom nuklir di gurun New Mexico pada tahun 1945 tanpa CGI.

5. Penonton Bisa Rasakan Efek Bom di Bioskop

Fakta lainnya dari film ini adalah penonton bisa merasakan efek bom nuklir di bioskop, loh Kawula Muda!

Dilansir dari tweet @NolanAnalyst, Christopher Nolan mengatakan, tidak hanya dari tampilan yang menakjubkan, penonton juga dapat merasakan sensasi secara 'nyata' momen-momen dalam Oppenheimer dari sebuah film.

“Kami tahu bahwa ini harus menjadi showstopper. Sebelumnya, penonton hanya dapat merasakan sensasi dari soundnya saja. Sekarang, kami bisa memberikan dampak yang besar kepada penonton melalui gambar, respons yang bisa dirasakan secara fisik dari film tersebut,” katanya.

Itu dia beberapa fakta tentang film Oppenheimer. Saksikan di bioskop pada 19 Juli 2023 nanti, ya Kawula Muda!

Berita Lainnya