GUDFEST Kembali Dibatalkan demi Cegah Keributan saat Acara

Kalo menurut lo gimana, Kawula Muda?

Festival musik GUDFEST 2023 kembali dibatalkan (GUDFEST)
Tue, 14 Mar 2023


Festival musik GUDFEST 2023 yang seharusnya terlaksana pada 19 Maret 2023 resmi dibatalkan. Sebelumnya, konser tersebut mengumumkan akan menampilkan line up SUM 41, NTRL, Summerland, Rocket Rockers, Closehead, Sreteowall, dan Anarcute. 

Pihak Gudfest menyebut pembatalan konser tersebut ‘terpaksa’ dilakukan akibat polemik proses refund GUDFEST 2022 yang belum selesai. Disebutkan, banyak pihak yang menyuarakan hal-hal negatif sehingga merugikan pihak GUDLIVE, promotor dari acara tersebut. 


“Pembatalan ini kami putuskan dikarenakan adanya pihak-pihak yang menyuarakan hal-hal negative yang sangat merugikan kami terkait refund tiket GUDFEST 2022 yang sedang kami proses dan jalankan sampai saat ini, bahkan patut diduga sampai mengancam akan mengerahkan massa ke event GUDFEST 19 MARET 2023 “SUM 41”, dan dikhawatirkan akan membuat keonaran yang akan mengganggu jalannya event,” tulis pihak penyelenggara seperti dikutip Prambors dari siaran pers pada Selasa (14/03/2023). 

Lebih lanjut, pihak promotor menyebut tidak ingin menjadikan acara tersebut sebagai ‘bahan lelucon’. Pembatalan ini juga merupakan bentuk upaya pencegahan tindakan ‘berlebihan’ beberapa pihak terhadap acara tersebut. 

“Kami sebagai promotor tidak berniat menjadikan ini semua sebagai bahan lelucon, akan tetapi kami hanya berupaya mencegah upaya beberapa pihak-pihak yang patut diduga ingin melakukan tindakan berlebihan di dalam acara kami,” lanjutnya. 

Atas pembatalan tersebut, pihak GUDLIVE meminta maaf kepada seluruh pihak yang terlibat dalam GUDFEST 2023, termasuk para pengisi acara, sponsor, media, serta pembeli tiket. 

Untuk Kawula Muda yang sudah membeli tiket GUDFEST 2023, refund dijanjikan akan dilakukan secepatnya dengan proses terpisah dari GUDFEST 2022. Detail mengenai proses refund tersebut pun akan segera diumumkan oleh GUDLIFE. 

“Kami paham kalian sangat kecewa untuk kedua kalinya tapi keputusan ini adalah langkah kami untuk menyelesaikan refund 2022 agar tetap berjalan lancar dan kondusif sehingga tidak menimbulkan polemik dan kesalahpahaman yang berlebihan antara kami sebagai promotor dengan para pembeli tiket GUDFEST 2022.”

Sebelumnya, GUDFEST 2022 adalah festival musik yang dibatalkan tahun lalu. Kala itu, GUDLIVE menggandeng beberapa musisi populer seperti Honne, Lauv, CHVRCHES, Chelsea Cutler, hingga Ruel.

Poster festival musik GUDFEST 2022 (GUDFEST)

 

Akan tetapi, empat hari sebelum penyelenggaraan acara tersebut, pihak promotor mengumumkan pembatalan acara. Pada hari yang sama, promotor GUDLIVE lewat akun Instagram @gud.festival juga mengumumkan tentang tata cara refund tiket festival musik tersebut. 

Disebutkan, pengajuan refund dibuka pada 14 November hingga 2 Desember 2022. Kemudian, prosesnya akan memakan 30 hingga 60 hari kerja setelah periode pengajuan ditutup, yakni sekitar 24 Februari 2023.

Akan tetapi, masih terdapat banyak pemegang tiket GUDFEST 2022 yang belum mendapat refund. Rasa marah dan kesal dari calon penonton pun semakin muncul kala GUDLIVE mengumumkan penyelenggaraan GUDFEST 2023, padahal proses refund tersebut belum selesai. 

Bentuk kekesalan tersebut turut tertuang di berbagai sosial media, termasuk kolom komentar Instagram @gud.festival. 

Pihak penyelenggara akhirnya mengambil cara dengan memperpanjang masa proses refund per tanggal 27 Januari 2023 hingga 60 hari kerja ke depan. Selain itu, para pemegang tiket GUDFEST 2022 yang belum mendapat refund juga bisa memilih untuk diganti dengan tiket gratis GUDFEST 2023 sebagai kompensasi. Namun seperti yang diketahui, GUDFEST 2023 pun ikut batal.

Berita Lainnya