Gundala Masuk Nominasi Asian Film Festival 2020, Bersaing dengan Parasite!

Hai Kawula Muda, film Gundala bersaing dengan film Parasite di Asian Film Festival 2020. Keren!

Film Indonesia, Gundala. (INSTAGRAM/GUNDALA OFFICIAL)
Thu, 10 Sep 2020

Setelah berhasil menuai prestasi di beberapa festival film internasional, film Gundala kembali menorehkan prestasi terbaru. Kali ini, Gundala  menjadi satu-satunya film Indonesia yang masuk dalam Asian Film Festival 2020.

Film arahan sutradara Joko Anwar ini masuk dalam nominasi Best Production Design. Dalam nominasi ini Gundala akan bersaing empat negara lainnya, yakni India, China dengan dua film, dan Korea Selatan.

Dalam cuitan di akun Joko Anwar pada September 2019, Wenceslaus De Rozari allias Iwen selaku pelaksana di departemen produksi film Gundala sempat disebut, terkait anggaran untuk set gerbong kereta api.

“Gerbong kereta api yang dipakai syuting, khusus dibuat untuk Gundala. Itu Iwen lagi stres mikirin budget di gerbong,” cuit Joko Anwar.

Wenceslaus De Rozari masuk nominasi bersama dengan Suzanne Caplan Merwanji untuk film Gully Boy (India), Lv Dong untuk film So Long, My Son (China), Gao Ang untuk film The Wandering Earth (China), dan Lee Hajun untuk film Parasite (Korea Selatan).

Parasite menjadi film dengan nominasi terbanyak di tahun ini. Peraih Oscar tersebut masuk dalam 10 nominasi, termasuk Best Picture dan Best Director untuk sutradara Bong Joon Ho.

Berbeda dengan penyelenggaran pada tahun-tahun sebelumnya, perhelatan Asian Film Festival ke-14 akan digelar pada 14 Oktober 2020 di Busan, Korea Selatan. Biasanya, acara diselenggarakan di Hong Kong atau Makau pada bulan Maret.

Asian Film Awards Academy (AFA Academy) dibentuk oleh Tokyo International Film Festival (TIFF), Hong Kong International Film Festival, dan Busan International Film Festival. AFA Academy merupakan organisasi nirlaba. Pada 2013, organisasi ini mulai mempromosikan dan mengembangkan film Asia beserta para talentanya.

Good luck Gundala!

Berita Lainnya