Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 21 2020

    Foto Ikonik The Beatles di Abbey Road

    Hai Kawula Muda, fotoThe Beatles Abbey Road yang ikonik ini dibuat beberapa minggu sebelum mereka bubar.

    The Beatles saat melakukan pemotretan di penyeberangan Abbey Road. (INSTAGRAM/THE BEATLES)

    Lebih dari 50 tahun sudah The Beatles melakukan pemotretan menyeberang Abbey Road. Hingga kini, foto yang tampak sederhana itu pun menjadi ikonik grup legendaris tersebut.

    Berikut ini beberapa fakta menarik terkait foto ikonik tersebut.

    Siapakah yang memotret?

    Pada 8 Agustus 1969, George Harrison, Paul McCartney, Ringo Starr, dan John Lennon difoto saat menyeberang jalan di depan studio rekaman Abbey Road atau studio EMI, di Kawasan St John’s Wood, London. 

    Foto yang jadi sampul album Abbey Road ini dibidik oleh mendiang fotografer asal Skotlandia, Ian Macmillan, dengan menggunakan tangga di tengah jalan, sementara seorang polisi menutup jalan.

    Macmillan yang lahir di Carnoustie, Angus, pada 1938 ini, saat remaja banyak mendokumentasikan kehidupan di Dundee, dengan membidik foto-foto kehidupan di jalanan.

    Ia pindah ke London dan sering bergaul dengan para selebritas, khususnya di akhir 1960an dan awal 1970an.

    Ia bahkan pernah tinggal dengan John Lennon dan Yoko Ono. Karenanya, Macmillan telah membidik ratusan foto musisi dan model, termasuk gitaris The Who, Peter Townshend, serta penyanyi  Stevie Wonder saat berusia 16 tahun.

    Proses hanya 10 menit

    Bagi Macmillan, foto Abbey Road ini dianggap bukan sebagai foto terbaik. Namun, terbukti foto ini paling banyak diingat dan bertahan hingga kini.

    Ken McNab, penulis And in The End: The Last Days of The Beatles (Hari-hari Terakhir The Beatles), mengatakan kepada radio Good Morning Scotland BBC bahwa hubungan antara anggota saat itu tengah tegang. Foto itu diambil beberapa minggu sebelum mereka akhirnya bubar.

    McNab mengatakan, gagasan foto Abbey Road muncul dari Paul McCartney yang menggambar sketsa atas apa yang ia inginkan. Proses pemotretan foto yang akhirnya menjadi ikonik ini hanya dilakukan dalam 10 menit. 

    Dalam pemotretan itu, keempatnya menyebrang sebanyak enam kali. Foto yang dipilih sebagai sampul album adalah yang kelima dari enam foto tadi, karena merupakan satu-satunya yang lengkap dengan kaki mereka, seperti yang diinginkan Macmillan.

    Jadi spot foto wajib

    Selama 50 tahun terakhir, ribuan turis dari penjuru dunia, termasuk sejumlah pesohor meniru pose The Beatles menyeberang ini. 

    John Bon Jovi berfoto di sana usai rekaman di Abbey Road Studios untuk aksi peduli sosialnya beberapa waktu lalu.


    JON BON VOVIPenyanyi Amerika Serikat, Jon Bon Jovi, berpose di Abbey Road setelah melakukan rekaman di Abbey Road Studios. (INSTAGAM/JON BON JOVI)

     

    Band GIGI dari Tanah Air tak mau ketinggalan berpose ala The Beatles Abbey Road. Di mana foto itu diposting Rabu (20/5/2020), oleh salah satu anggotanya, Thomas Ramdhan, dengan diberi keterangan, ”Permisi... Numpang lewat yaaa.”

    Editor Team

    COMMENT