Ini Film Indonesia yang Pernah Wakili Indonesia di Piala Oscar, Terbaru “Ngeri-Ngeri Sedap”

Kawula Muda, Indonesia pertama kali mengirim wakilnya di Piala Oscar pada 1986.

Film Ngeri-ngeri Sedap (Imajinari via IMDB)
Thu, 15 Sep 2022


Academy Award atau dikenal juga dengan ajang Piala Oscar adalah salah satu penghargaan paling bergengsi di industri perfilman dunia. Ajang penghargaan yang telah diadakan sejak 1929 ini menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah film.

Bagi sineas Indonesia, ajang penghargaan ini baru bisa diikuti pada 1986. Salah satu film hits Indonesia pada saat itu yaitu Nagabonar berhasil terpilih untuk menjadi wakil negara ini di ajang tersebut. Sayang, hingga saat ini film-film Indonesia yang terpilih menjadi wakilnya belum bisa lolos untuk masuk nominasi di ajang tersebut.

Baru-baru ini, giliran film Ngeri-Ngeri Sedap yang berhasil terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang Piala Oscar 2023. Film garapan sutradara Bene Dion ini berhasil masuk kategori Best International Feature Film. Ngeri-Ngeri Sedap menjadi film bergenre komedi kedua yang ikut ajang ini setelah Nagabonar pada 1986.

Selain Ngeri-Ngeri Sedap dan Nagabonar, berikut ini adalah sederet film yang berhasil mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar!

Yuni (2021)

Film Yuni berhasil menjadi wakil Indonesia di ajang Piala Oscar 2022 untuk kategori Best International Feature Film. Karya dari Kamila Andini ini dinilai cukup kuat untuk mewakili Indonesia karena berhasil meraih Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021. Namun, Yuni tidak berhasil lolos menjadi nominasi dalam ajang ini. Film Yuni bercerita tentang seorang gadis yang memiliki mimpi tinggi, harus berhadapan dengan budaya dan mitos yang beredar di masyarakat.

Perempuan Tanah Jahanam (2020)

Film karya Joko Anwar ini juga pernah mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar 2021. Perempuan Tanah Jahanam alias Impetigore telah memenuhi sederet kriteria seperti penyutradaraan dan scenario, serta mampu menunjukkan nilai-nilai lokal Indonesia. Film ini juga berhasil meraih berbagai prestasi internasional seperti mengikuti ajang International Premiere di festival bergengsi Sundance Film Festival pada Januari 2020. Film ini juga meraih Melies Award for Best Asian Film di Bucheon International Fantastic FIlm Festival 2020 di Korea Selatan. Di dalam negeri, film ini meraih 17 nominasi Piala Citra. Sayang, film yang dibintangi oleh Tara Basro ini juga belum berhasil masuk nominasi Piala Oscar.

Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Pada 2020, film Kucumbu Tubuh Indahku terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang Piala Oscar. Di tengah kontroversinya, film karya Garin Nughroho ini sukses memenangi sejumlah penghargaan bergengsi. Sayangnya, film ini belum bisa masuk nominasi Oscar.

Kucumbu Tubuh Indahku bercerita tentang seorang penari Lengger bernama Juno. Tarian Lengger ternyata membuatnya menapaki perjalanan hidup yang berliku. Sampai pada akhirnya Juno bisa memahami dan menerima keindahan hidup sebagai seorang penari Lengger. Film ini merupakan film kedua Garin Nugroho yang dipilih untuk mewakili Indonesia ke Oscar setelah sebelumnya ada film Daun di Atas Bantal (1998).  

Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak (2018)

Film bergenre thriller ini telah banyak menyabet penghargaan di dunia perfilman sejak dirilis. Film ini juga berhasil didistribusikan ke-18 negara termasuk Amerika, negara lain di Benua Eropa, serta Asia Tenggara. Dengan kesuksesan yang diraihnya, enggak heran kalau film yang disutradarai oleh Mouly Surya ini terpilih untuk menjadi wakil Indonesia di Piala Oscar 2019. Namun sayang, keberhasilan film Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak belum bisa menembus nominasi Oscar.

Film yang dibintangi oleh Marsha Timothy ini bercerita tentang seorang janda bernama Marlina yang didatangi oleh sekawanan perampok berjumlah 7 orang. Mereka mengancam nyawa, harta, dan juga kehormatan Marlina. Film ini terbagi menjadi empat babak yaitu perampokan, perjalanan, pengakuan dosa, dan juga kelahiran.

Itu tadi beberapa film Indonesia yang berhasil menjadi wakil di ajang Academy Award atau Piala Oscar.

Berita Lainnya