Capek! Jin BTS Ungkap Sempat Terpikir BTS Bubar di tahun 2018

Jin memberikan klarifikasi terhadap pidatonya di MAMA 2018 bersama Suga dan J-Hope

Jin BTS (ALLKPOP)
Mon, 12 Jun 2023

Anggota BTS, Jin BTS baru-baru ini buka suara mengenai pidatonya yang viral beberapa tahun lalu tentang pembubaran grup BTS yang ia sempat sebutkan di Mnet Asian Music Awards (MAMA) pada 2018. Jin buka-bukaan dalam acara variety web series BTS yang dipandu oleh SUGA.

Variety web series yang diunggah melalui YouTube BangTan TV ini sudah sampai di episode 12. Episode tersebut direkam beberapa hari sebelum Jin berangkat wajib militer.

Suga's Youtube Channel (INSTAGRAM/agustd)

 

Dilansir dari Hindustantimes, Jin mengungkapkan bahwa pada masa-masa tersebut ia merasa kelelahan karena terus bekerja keras bahkan merasa kurang istirahat.

“Karena saat itulah kami sedang menjalani promosi untuk 'Fake Love' dan setiap bulan kami hanya punya waktu satu setengah hari untuk libur. Setengah dariku benar-benar marah. Selama sekitar tiga bulan, kami hanya memiliki satu hari libur setiap bulan. Agensi mengatakan kami harus bekerja seperti itu untuk menjadi terbaik. Kami tahu bahwa itu tidak sepenuhnya salah.”

Suga juga menambahkan bahwa semua itu berjalan dengan sangat baik, dan di tahun 2018 merupakan tahun yang besar bagi BTS, para personel mempromosikan Fake Love dan IDOL .

“Itulah mengapa kami bekerja sangat keras. Tapi, secara mental dan fisik itu rasanya terlalu berat, dan kami ingin terbebas dari semaunya, kami seperti, 'aku enggak kuat lagi, mari kita berhenti di sini' itulah yang kami (BTS) kami rasakan,” lanjut Jin.

Jin kemudian menyimpulkan, “Jadi saya hanya ingin jujur tentang apa yang kami rasakan. Tetapi ketika penggemar kami mendengarnya, saya yakin itu bisa terdengar negatif karena itu bukan hal yang mudah untuk dibicarakan. Tapi itu dulu. Itu adalah sesuatu yang terjadi beberapa yang lalu. Memang benar kami telah memikirkannya dan semuanya menjadi baik pada akhirnya."



Di samping itu, SUGA selaku pembawa acara membesarkan hati dan semangat teman satu grupnya. Ia merasa bersyukur bisa bersama BTS hingga saat ini meski grup ini sedang dalam masa hiatus karena beberapa member pergi untuk wajib militer dan sibuk dengan proyek solo mereka masing-masing.

“Apa yang saya sukai dari anggota kami adalah bahwa ketika kami diberi konten yang bagus, kami semua secara sukarela melakukannya... Meskipun kami berada di tim yang sama, saya merasa sangat beruntung telah bertemu dengan kalian semua. Saya bertemu orang yang sangat hebat. Kami percaya satu sama lain, kami tidak berpikir salah satu dari kami tidak akan melakukannya dengan baik," ucap SUGA.

Diketahui, Jin sempat menyebutkan ingin bubar dalam pidato emosionalnya saat BTS menerima penghargaan Artist of the Year Mnet Asian Music Awards (MAMA) pada tahun 2018 lalu.

Grup BTS yang kala itu sudah tiga kali berturut-turut menyandang gelar tersebut sejak 2015 membagikan sisi emosional mereka di atas podium. Dari seluruh member yang hadir berpidato rasa syukur mereka, pidato dari Jin menarik perhatian karena ia menyebutkan jika BTS mengalami masa sulit di tahun tersebut.

"ARMY, aku banyak berpikir di awal 2018 ini, awal tahun, kami mengalami masa-masa sulit yang menyangkut soal mental. Jadi kami mengobrol dan khawatir apakah kami harus bubar atau tidak. Tapi, aku bersyukur karena kami telah menemukan solusinya dan berhasil memberikan hasil yang maksimal," ungkap Jin dalam pidato.

Dalam video, Jin BTS juga bertanya-tanya apakah dirinya dan personel BTS lainnya tetap bersama di tahun 2050. Menurut lo gimana, Kawula Muda?

Berita Lainnya