Fakta Kim Sae-ron, Aktris Korea Selatan yang Terjerat Kasus Kecelakaan saat Mabuk!

Kawula Muda, ada yang tahu soal kasus Kim Sae-ron?

Kim Sae-ron, aktris Korea Selatan yang terjerat kasus menyetir sambil mabuk (INSTAGRAM/ron_sae)
Thu, 09 Mar 2023

Aktris asal Korea Selatan, Kim Sae-ron menjalani sidang perdananya usai terjerat kasus mabuk saat mengemudi (driving under influence/DUI) pada Rabu (08/03/2023) waktu setempat. Sidang tersebut merupakan sidang perdana sekitar 10 bulan sejak sang aktris mengalami kecelakaan karena mabuk, tepatnya pada 18 Mei 2022 lalu.

Kim Sae-ron diketahui menabrak pembatas, pohon jalanan, dan trafo di dekat Persimpangan Hakdong, Gangnam, Seoul akibat pengaruh alkohol yang tinggi.

Tidak hanya itu, ia juga membuat sejumlah kerusakan terhadap beberapa fasilitas umum dan harus membayar ganti rugi terhadap warga terdampak meski tidak menimbulkan korban jiwa.

Kim Sae-ron dalam sidang perdananya, Rabu (08/03/2023) (NEWSPIC)

Mengutip Korea Herald, kadar alkohol yang ditemukan di dalam tubuh Kim Sae-ron setelah kecelakaan sudah masuk di atas rata-rata Kawula Muda. 

"Itu dikonfirmasi lewat hasil tes darah bahwa kadar alkohol dalam darah sekitar 0,2 persen, level yang cukup tinggi untuk membuat SIM dicabut," tulis bekas agensi Kim Sae-ron. 

Dalam sidang yang digelar kemarin, Kim Sae-ron datang dengan tubuh yang tampak kurus dan mata yang bengkak. 

Ia hadir di Seoul Central District Court dengan kaus dan masker hitam. Sang aktris juga terlihat mengenakan cardigan tebal abu-abu dengan motif hitam, putih, dan cokelat.

Dalam persidangan, ia berkali-kali meminta belas kasihan kepada hakim karena ia merupakan tulang punggung keluarga, Kawula Muda.

"Hal ini tidak akan terjadi lagi, saya minta maaf. Saya menyesal atas yang sudah saya lakukan. Saya telah berhenti konsumsi alkohol dan menjual kendaraan," kata Kim Sae-ron melalui Naver.

"Saya tulang punggung keluarga, sekarang sangat sulit untuk memenuhinya. Tolong kasihani aku."

Setelah sidang perdana pada Rabu (8/3), hakim akan menggelar sidang terakhir dengan agenda putusan Kim Sae-ron atas kasus menyetir sambil mabuk pada 5 April.

Fakta Lengkap Kecelakaan Kim Sae-ron

1. Kim Sae-ron Didenda Rp 200 juta

Akibat kelalaiannya tersebut, jaksa penuntut umum kemudian mengajukan tuntutan denda 20 juta Won atau Rp 233 juta kepada Kim Sae-ron yang mengakui kesalahannya dan melakukan upaya memperbaiki dan tanggung jawab setelah menabrak.

Sementara Tuan A, seseorang yang ikut di dalam mobilnya ketika insiden terjadi dituntut untuk membayar denda sebesar 5 juta Won. Hal ini dikarenakan Tuan A diduga ikut terlibat untuk membantu dan bersekongkol dengan Kim Sae-ron agar kabur dari pihak kepolisian ketika insiden terjadi.

2. Sekarang Bekerja Part Time

Seusai sidang, Kim Sae-ron menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh wartawan, Kawula Muda. Salah satunya, ia mengaku bekerja paruh waktu di kafe karena kesulitan keuangan.

Pihak agensi tempat Kim Sae-ron bernaung dulu juga sempat mengonfirmasi hal ini.

"Saya menghabiskan waktu untuk bekerja paruh waktu," kata Kim Sae-ron menjawab pertanyaan wartawan.

Diketahui, Kim Sae-ron sempat kesulitan untuk membayar kompensasi akibat kecelakaan tersebut. Meski begitu, setelah kecelakaan pada Mei 2022, Kim Sae-ron pergi menemui orang yang bisnisnya terdampak kecelakaannya. Ia meminta maaf dan memberikan kompensasi.

3. DUI atau Menyetir Sambil Mabuk Merupakan Kesalahan Tidak Dimaafkan di Budaya Korea Selatan

Satu hari setelah insiden tersebut, Kim Sae-ron mengunggah permintaan maaf yang ia tulis tangan di laman Instagram resminya, Kawula Muda.

"Saya telah menyakiti terlalu banyak orang. Saya seharusnya bertindak lebih hati-hati dan bertanggung jawab, tetapi saya gagal melakukannya," tulis Kim Sae-ron.

"Saya dengan tulus meminta maaf. Saya akan melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan ini."

Sejak saat itu, ia menghentikan aktivitasnya sebagai aktris dan kontraknya dengan agensi Gold Medalist juga diputus.

Melihat kolom komentar, Warganet Korea Selatan mengatakan jika DUI adalah kesalahan yang tidak dimaafkan karena sama saja dengan membunuh, meski tidak ada korban jiwa dalam insiden Kim Sae-ron. Namun, masih ada beberapa komentar bernada semangat yang ditujukan kepada Kim Sae-ron, Kawula Muda.

4. Masih Berumur 22 Tahun, Akankah Insiden ini Menjadi Akhir Dari Karier Kim Sae-ron?

Ketika ditanya wartawan soal kelanjutan kariernya sebagai seorang aktris, Kim Sae-ron hanya menjawab dengan sepatah kata, yakni “Maaf”.

Dalam usianya yang terbilang muda, yakni 22 tahun, aktris kelahiran tahun 2000 itu harus menerima konsekuensi atas perbuatannya, Kawula Muda.

Nama Kim Sae-ron diketahui sudah populer di industri hiburan Korea Selatan. Bahkan, sejak ia masih kecil, ia sudah membintangi beberapa judul yang sukses di pasaran.

Beberapa judul drama dan film yang dibintangi oleh Kim Sae-ron adalah Love Playlist, Hi School: Love On, The Queen’s Classroom, The Man From Nowhere, dan masih banyak lagi.

Semoga Kim Sae-ron dapat melewati masalah ini ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya