Laris Manis, Komik Keanu Reeves “BRZRKR #1” Terjual 600.000 Salinan dan Jadi Terlaris pada 2020

Hai Kawula Muda, Keanu Reeves bikin komik dan langsung laris manis.

Aktor Hollywood, Keanu Reeves. (SAINT LAURENT)
Mon, 08 Feb 2021

Aktor Keanu Reeves kembali mencetak sejarah dalam industri hiburan. Kali ini, debutnya di dunia perkomikan mencatatkan jejak besar.

Dilansir Comicbook.com, Jumat (5/2/2021), komik berjudul BRZRKR #1 yang ceritanya ditulis oleh bintang Matrix tersebut laku terjual sebanyak 600.000 salinan atau eksemplar sejak rilis pertengahan 2020.

Selain ceritanya ditulis oleh Keanu Reeves, seri ini juga ditulis oleh Matt Kindt dan digambar oleh Ron Garney. Meski baru perdana, BRZRKR #1 menjadi komik dengan penjualan tertinggi yang dirilis oleh BOOM! Studios.

Terlaris sepanjang 2020

Ilustrator Ron Garney memublikasikan kabar bahagia tersebut di akun Facebook pribadinya. Ia mengungkapkan rasa bahagia karena edisi pertama komiknya berhasil mencetak rekor.

“BRZRKR #1 telah melampaui angka 600.000 eksemplar. Terima kasih kepada semua orang atas antusiasme yang luar biasa dan dukungan bagi proyek ini atas nama saya, Keanu, Matt K, Ross, Bill, Filip, Stephen, Matt G, dan semua orang di penerbitan BOOM!,” tulis Ron.

Dengan angka penjualan lebih dari 600.000 eksemplar, komik BRZRKR #1 menjadi komik terlaris sepanjang 2020. Bahkan komik tersebut dikabarkan melampaui seri komik DC, Dark Nights: Death Metal #1 yang sejak 2015 menjadi best seller.

BRZRKR #1 juga mengalahkan Little China/Escape From New York #1 yang terjual 421.000 eksemplar saat debut pada Oktober 2016.

Efek nama besar Keanu Reeves 

Pada pertengahan 2020, BRZRKR #1 juga mencatat rekor dengan penjualan Rp 3,6 miliar dalam sehari di layanan Crowfunding. Upaya menjual komik dengan sampul softcover awalnya seharga 50 dolar AS atau sekitar Rp 698.000 naik menjadi 2.499 dolar AS atau sekitar Rp 3,5 juta.

Komik BRZRKR karya Keanu Reeves. (INSTAGRAM/BOOMS! STUDIO)

 

Kepala penerbit BOOM! Studios, Ross Ritchie mengatakan, upaya penjualan via Kickstarter itu ingin mengenalkan pembaca baru yang mungkin saja tidak masuk ke toko buku.

Dengan nama besar Keanu Reeves sebagai aktor Hollywood yang menjadi penulis komik, mereka merasa bisa menjual komik pada orang-orang yang belum pernah membaca komik seumur hidupnya. Dan untuk pertama kalinya, hal itu terjadi. 

Komik BRZRKR #1 menceritakan tentang pejuang bernama Berzerker yang bekerja untuk pemerintah Amerika Serikat dan mengambil pekerjaan tak biasa.

BRZRKR #1 juga menjadi viral setelah Keanu Reeves membuat meme tentang dirinya dari foto yang viral pada 2010. Saat itu, paparazzi memotret Keanu Reeves sedang duduk di bangku taman dan tampak sedih sambal menikmati sandwich.

Secara tak terduga, foto itu menarik perhatian para penggemar sang aktor. Hingga kemudian muncul ide untuk memasukkan dalam salah satu halaman dari komik BRZRKR #1.

Berita Lainnya