Lengkap! Simak Panduan dan Urutan Nonton Film Harry Potter

Potterhead mana suaranya nih??!

Dokumentasi proses syuting film Harry Potter (INSTAGRAM/HARRYPOTTERFILM)
Thu, 26 Jan 2023

Harry Potter merupakan salah satu film adaptasi novel terpopuler di dunia. Menceritakan tentang kisah Harry Potter semenjak berusia 11 tahun hingga dewasa, serial ini akan membawa lo menjelajahi dunia sihir.

Mengadaptasi novel karya JK Rowling, film ini terdiri atas delapan judul yang saling berkesinambungan satu sama lain. Karena itu, agar lo dapat mengerti kisah petualangan Harry, Ron Weasly, dan Hermione Granger di dunia sihir, berikut urutan nonton film Harry Potter!

1. Harry Potter and the Philosopher's Stone (2001)


Film yang tayang pada 2001 silam ini menceritakan tentang awal mula petualangan Harry Potter. Pada awal cerita inilah, diceritakan asal usul Harry dan bagaimana ia dapat mendapat undangan untuk datang ke sekolah sihir, Hogwarts! 

Beberapa istilah dunia sihir pun dikenalkan pada tayangan pertama ini. Sebut saja arti dari muggle atau sebutan untuk orang yang tidak memiliki kemampuan sihir. Lo juga akan dibawa ke berbagai tempat di dunia sihir seperti Diagon Alley, peron kereta 9 ¾, hingga sekolah Hogwarts. Lo juga akan berkenalan dengan Hermione Granger, Ron Weasly, Dumbledore, serta Hagrid.

2. Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002)


Kali ini, petualangan Harry di dunia sihir membuatnya semakin mengenal musuh terbesar dunia sihir, Voldemort. Harry pun diceritakan mendapat buku harian misterius dari seorang mantan murid sekolah sihir tersebut bernama Tom Riddle. 

Siapa sangka, Tom merupakan nama asli milik Voldemort, Kawula Muda! Harry Potter dan teman-temannya pun harus melewati berbagai rintangan dan bahaya untuk memecahkan kisah misterius di dalam buku harian tersebut.

3. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)


Mari mengenal salah satu tokoh film tersebut yang banyak menjadi favorit para penonton, Sirius Black! Diceritakan, Sirius adalah seorang pembunuh keji yang kabur dari Azkaban atau penjara dengan keamanan terkuat di dunia sihir. Pada awalnya, banyak rumor yang mengatakan Sirius kabur untuk membunuh Harry, Kawula Muda! 

Pada film ketiga ini, lo juga akan berkenalan dengan Dementor, makhluk keji pengisap jiwa para makhluk hidup. Kali ini, Harry juga akan belajar mantra baru sekaligus mantra favorit para pembaca, Expecto Patronum. 

4. Harry Potter and the Goblet of Fire (2005)


Seri keempat ini menjadi awal babak baru pertemuan Harry Potter dengan Voldemort. Tak heran, konflik yang dimunculkan pun semakin berat mengingat usia Harry yang sudah semakin dewasa.

Hogwarts dan berbagai sekolah sihir lainnya diceritakan tengah bersiap-siap menghadapi festival sihir terbesar, yakni Triwizard. Walau pada hakikatnya hanya dapat diikuti oleh para penyihir yang berusia 17 tahun, Harry yang berusia 14 tahun malah terpilih untuk mengikutinya. Bahaya pun mulai mengintai penyihir tersebut kala berbagai percobaan pembunuhan muncul dan mengancam jiwa Harry.

5. Harry Potter and the Order of the Phoenix (2007)


Film ini banyak disebut sebagai seri Harry Potter yang menguras emosi, Kawula Muda! Tak tanggung-tanggung versi novel dari seri kelima ini memang memiliki halaman terbanyak, yakni setebal 766 halaman. 

Kali ini, Harry sempat dianggap gila karena terus membicarakan tentang kebangkitan Voldemort. Terlebih lagi, Dumbledore juga mendapat kecaman karena terus melindungi bocah penyihir tersebut. Tahap ini pun menjadi awal kebangkitan para penyihir hitam sekaligus awal persekutuan kembali para penyihir baik untuk melindungi dunia sihir. 

6. Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009)


Pada tahun keenamnya di Hogwarts, Harry kembali menemukan buku misterius. Kali ini, buku tersebut ditulis oleh Half-blood Prince yang misterius. 

Buku tersebut rupanya menjadi awal pembuka Harry mengenal masa lalu Voldemort hingga bagaimana ia menjadi sosok yang jahat dan keji. Selain itu, teror yang semakin berbahaya juga semakin sering harus dihadapi oleh Harry dan teman-temannya, Kawula Muda!

7. Harry Potter and the Deathly Hallows - Part 1 (2010)


Cerita mulai memasuki bagian awal kala Harry, Ron, dan Hermione mulai berjuang menghadapi Voldemort. Harry pun memutuskan untuk keluar dari sekolah demi mencari tahu cara untuk membuat Voldemort benar-benar dikalahkan. 

Latar cerita pun banyak berubah ke bagian-bagian dunia sihir di luar Hogwarts. Kawula Muda juga akan diperlihatkan sosok Harry dan kawan-kawan yang sudah dewasa dan tengah mencoba mencari Horcrux. Diketahui, Horcrux adalah pecahan jiwa Voldemort, Kawula Muda! Karena itu, Voldemort tidak akan benar-benar musnah apabila seluruh Horcrux tidak dimusnahkan.

8. Harry Potter and the Deathly Hallows - Part 2 (2011)


Merupakan kisah akhir Harry Potter, terdapat berbagai adegan pertarungan seru antara tim Harry Potter dengan pembunuh hitam penggemar Voldemort. 

Semuanya pun berakhir, Kawula Muda! Film ini menutup kisah Harry Potter dengan mengungkap semua rahasia yang sebelumnya disembunyikan pada ketujuh film yang telah rilis sebelumnya. 

Berita Lainnya