Robbie “Hagrid” Coltrane Meninggal Dunia, Keluarga Besar "Harry Potter" Berduka

Hai Kawula Muda, RIP Hagrid.

Robbie Coltrane, pemeran Hagrid di film "Harry Potter". (TWITTER)
Sun, 16 Oct 2022

Duka mendalam kembali dirasakan oleh perfilman Hollywood, terutama keluarga besar dan para penggemar film Harry Potter.

Aktor asal Skotlandia pemeran Rubeus Hagrid di film-film Harry Potter, Robbie Coltrane, meninggal dunia di usia 72 tahun pada Jumat (14/10/2022).

Diberitakan, sang aktor meninggal di rumah sakit dekat rumahnya di Larbert, Skotlandia setelah dua tahun terakhir kesehatannya terus memburuk.

Dilansir dari E! News, agen Coltrane, Belinda Wright mengonfirmasi kepergiaan sang aktor.

“Selain sebagai aktor yang luar biasa, dia orang yang cerdas, sangat cerdas, dan setelah 40 tahun bangga disebut agennya, saya akan merindukannya,” ujar Wright.

Profil Robbie Coltrane

Robbie Coltrane lahir dengan nama Anthony Robert McMillan pada 30 Maret 1950 di Rutherglen, Skolandia.

Ia kemudian memakai nama panggung Coltrane pada awal usia 20-an sebagai penghormatan kepada pemain saksofon jazz John Coltrane dan menerobos produksi teater Byrne dari The Slab Boys.

Semasa hidup, Robbie Coltrane memainkan karakter gamekeeper Hogawarts, Rubeus Hagrid dalam film Harry Potter.

Memerankan Hagrid digambarkan sebagai sosok setengah raksasa setengah penyihir, membuat Coltraine mendapatkan ketenaran dan pujian di seluruh dunia untuk penampilannya yang mengharukan serta kedekatanya dengan karakter Harry Potter yang diperankan oleh Daniel Radcliffe.

Di Inggris, Robbie Coltrane secara mengesankan menaklukan layar TV sebagai psikolog forensik Dr Edward ‘Fitz” dalam serial drama pembunuhan Cracker.

Berkat perannya itu, ia memenangi tiga penghargaan Aktor Terbaik BAFTA berturut-turut, suatu kehormatan yang hanya disamai oleh satu aktor lain, Michael Gambon.

Coltrane juga dinominasikan dalam BAFTA untuk drama Channel 4 National Treasure dan Tutti Frutti di BBC Scotland.

Ia juga memberikan penampilan yang mengesankan dalam film Nuns on the Run, Mona Lisa, dan Ocean’s 12.

Kemudian, ia juga ikut membintangi film James Bond Golden Eye dan The World Is Not Enough, di mana ia berperan sebagai Valentin Dmitrovich Zukovsky, mantan agen KGB yang menjadi sekutu Agen 007.

Duka mendalam “keluarga” Harry Potter 

Rasa duka yang mendalam pun disampaikan oleh keluarga besar film Harry Potter atas kepergian pemeran Hagrid.

Mulai dari Daniel Radcliffe, Emma Watson, dan sang penulis JK Rowling merasa kehilangan sosok yang telah begitu melekat di film tentang sekolah sihir tersebut.

Dalam sebuah pernyataan di Deadline, pemeran Harry Potter, Daniel Radcliffe, mengungkapkan sangat sedih kehilangan sosok lawan main yang menurutnya sangat luar biasa dan menyenangkan.

“Saya merasa sangat beruntung bisa bertemu dan bekerja dengannya dan sangat sedih dia meninggal,” tutur Radcliffe.

Radcliffe mengatakan, Robbie Coltrane adalah salah satu orang paling lucu yang pernah ia temui dan membuat mereka terus tertawa di lokasi syuting.

Pemeran Hermione Granger, Emma Watson juga menambahkan, ia sudah menganggap Robbie Coltrane sebagai paman yang menyenangkan. Coltrane juga sangat peduli dan sayang kepada dirinya baik saat ia masih anak-anak maupun sudah beranjak dewasa.

Dan tak ketinggalan, sang kreator semesta Harry Potter, JK Rowling pun mengungkapkan rasa dukanya yang sangat mendalam.

Rowling memuji kepribadian Robbie Coltrane baik di dalam maupun di luar set.

“Dia adalah talenta yang luar biasa, dan saya beruntung bisa mengenalnya, bekerja dengannya, dan tertawa bersamanya,” tulis Rowling di akun Twitter pribadinya.

Selamat jalan Hagrid, RIP Robbie Coltrane.

Berita Lainnya