Mutia Ayu Ceritakan Momen Sebelum Glenn Fredly Meninggal

Rest in Love, Glenn Fredly.

Glenn Fredly dan sang istri, Mutia Ayu. (INSTAGRAM/MUTIA_AYUU)
Thu, 28 Oct 2021

Telah setahun lebih berlalu penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia. Sang istri, Mutia Ayu, membagikan detik-detik sebelum Glenn Fredly berpulang. 

Mutia bercerita sebelum suaminya dibawa ke rumah sakit, ia masih sempat bertemu dengan anaknya, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo untuk yang terakhir kalinya. 

Tepatnya, pada 6 April 2020 lalu Glenn Fredly dibawa ke rumah sakit. Ia masih sempat menitip pesan kepada pengasuh anaknya. Ia menitipkan sang anak kepada pengasuh selama ia berada di rumah sakit. 

Hal ini diceritakan langsung oleh Mutia lewat wawancaranya dengan Daniel Mananta yang telah diunggah ke kanal YouTube Daniel Mananta Network. Video tersebut telah tayang pada Rabu, 27 Oktober 2021. 

"Sebelum ke rumah sakit, dia nyuruh Gewa untuk turun ke bawah untuk terakhir kalinya, bilang sama yang ngebantu aku saat itu Gewa difoto, dicium sama ayahnya," ucap Mutia Ayu, melansir Tribunnews. 

"Terus bilang 'Usy, beta titip Gewa ya, 3 hari lagi beta mau pulang'," sambungnya. 

Perkataan Glenn tersebut kemudian dianggap sebagai isyarat bagi orang-orang yang berada di rumahnya. Ucapan Glenn menitipkan Gewa kepada sang pengasuh seakan-akan karena ia tahu ia akan pergi untuk selama-lamanya. 

Foto Gewa bersama Glenn yang diambil hari itu menjadi yang pertama dan terakhir bagi mereka berdua. Momen itu menjadi saat-saat terakhir Gewa dapat bertemu dengan sang ayah sebelum ia meninggal dunia. 

"Foto ya mungkin fotonya pertama kali Gewa dan Glenn foto itu, satu-satunya, terakhir kalinya di situ," ujar Mutia Ayu.

Glenn Fredly kemudian diantar ke rumah sakit bersama Mutia Ayu dan adiknya. Mutia mengungkapkan, ia mulai merasakan suasana yang berbeda begitu sampai di rumah sakit. Ia merasa hari itu sangat sunyi. 

"Di ruangan itu kak, beneran senyap sesenyap-senyapnya, aku juga enggak tahu ya kenapa aku enggak ngobrol sama Glenn juga hari itu," kata Mutia. 

7 April 2020, Glenn Fredly meminta untuk dipindahkan ke ruangan yang berbeda karena ia merasa ruangan yang ia tempati seperti tidak ada kehidupan. 

"Hari berikutnya tanggal 7 dia minta untuk ganti kamar, karena dia ngerasa enggak ada kehidupan di kamar ini, pengen yang jendelanya bener-bener kebuka, pengen ada sinarnya," ujar Mutia.

Glenn menjalani perawatan seperti biasanya usai berpindah kamar. Glenn juga masih sempat mengkhawatirkan tim musiknya. Namun sang istri memintanya untuk fokus sembuh terlebih dahulu. 

Lalu pada 8 April 2020, Mutia Ayu sempat bermimpi tentang Glenn Fredly. Dalam mimpinya, ia sedang bergandengan tangan dengan Glenn, namun di akhir mimpi ia justru malah berpisah dengan Glenn. 

"Pas malemnya aku mimpi lagi, mimpinya itu aku gandengan sama Glenn, banyak orang, tiba-tiba aku diem sama banyak orang ini, Glenn udah jauh di sana, di sampingnya ada pohon kayu, terus dia ngelambai tangan," ujar Mutia.

Di hari yang sama, Glenn meminta istrinya untuk memandikannya. Namun saat menuju kamar mandi, Glenn Fredly mengalami kejang kemudian tidak sadar. 

"Sebenernya aku udah sadar bahwa Glenn udah enggak ada, jam 12 siang itu udah enggak ada," ucapnya. 

Mutia mencoba mencubit badan suaminya namun tidak ada respon apa pun. Kemudian ia mencoba lagi dengan membisikkan nama lengkap anaknya ke telinga Glenn. Saat itu, Glenn langsung terbangun dan menarik napas panjang. 

Setelah sadar, Glenn dibawa ke ruang ICU karena kondisinya yang tidak kunjung membaik. 

Saat di ruang ICU, Glenn sempat meminta teh manis kepada Mutia. Namun tak lama setelah itu, Glenn kembali kejang. Dokter langsung memasang alat medis agar Glenn bisa mendapat asupan makanan. 

Mutia mencoba mengikhlaskan suaminya yang sudah dalam kondisi sangat lemah. 

"Akhirnya aku bilang, 'udah deh Tuhan mungkin cukup perjuangan Glenn sampai detik ini', sampai selesai, akhirnya udah pulang," kata Mutia. 

Pada 8 April 2020 pukul 19.00 WIB, Glenn Fredly menghembuskan napas terakhirnya. 

"Dia kan pagi minta dimandiin, dan terakhir kalinya aku mandiin di kamar jenazah, aku dibantu sama orang tapi akhirnya hari itu di ruang jenazah aku mandiinnya, permintaan terakhirnya dia," ucap Mutia.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya