Novel “The Lord of the Rings” Terbit Lagi Setelah 71 Tahun

Hai Kawula Muda, ada kabar gembira bagi penggemar trilogi Lord of the Rings nih.

Novel-novel karya JRR Tolkien. (TWITTER)
Fri, 26 Mar 2021

Edisi terbaru novel trilogi The Lord of the Rings karya JRR Tolkien bakal terbit lagi setelah rilis perdana pada pertangahan dekade 1950-an.

Melansir USA Today, Kamis (25/3/2021), penerbit Houghton Mifflin Harcourt Books & Media mengumumkan kabar bahagia tersebut.

Edisi terbaru yang rencananya rilis pada 19 Oktober 2021 bakal lebih lengkap. Ada lukisan, sketsa, dan ilustrasi-ilustrasi lainnya yang belum pernah dipublikasikan oleh penulis.

Wakil presiden penerbit Houghton Mifflin Harcourt, Deb Brody, mengatakan bahwa JRR Tolkien dikenal karena ilustrasi yang fenomenal di The Hobbit.

Dia juga mengatakan, karya seni yang dibuat untuk The Lord of the Rings telah dipamerkan pada 2018 di New York, Paris, dan Oxford, Inggris.

Sosok penulis yang sangat sederhana

Sosok JRR Tolkien yang sangat sederhana itu juga menjadi perhatian khusus bagi penerbit. Selama ini, JRR Tolkien tampak meremehkan bakat artistiknya yang jelas dan langka meski ia tidak menjalani pelatihan seni rupa secara formal.

“Kerendahan hatinya hanya sedikit dimiliki oleh penulis dunia,” kata Deb Brody.

Selama hidupnya, JRR Tolkien pun tidak banyak memamerkan ilustrasi dan karya seni yang dibuat unutk novel-novelnya kepada publik.

“Ia cenderung menyembunyikannya dan umumnya hanya diketahui setelah ia meninggal dunia karena diperlihatkan oleh anak-anaknya,” ujar Deb Brody.

Edisi terbaru novel trilogi The Lord of the Rings yang mencakup The Fellowship of the Rings, The Two Towers, dan The Return of the King, menjadi novel fantasi terlaris dalam sejarah industri sastra.

Novel-novel JRR Tolkien pun sukses diadaptasi menjadi trilogi film blockbuster yang disutradarai oleh Peter Jackson.

Nostalgia ke “semesta” Lord of the Rings

Sebelumnya juga ada kabar mengenai tulisan esai JRR Tolkien yang membahas mengenai Middle-earth dan bakal rilis pada Juni 2021.

Kumpulan tulisan dalam buku berjudul The Nature of Middle-earth mengisahkan tentang kehidupan abadi peri, reinkarnasi peri, geograi Gondor, dan ras mana saja yang dapat menumbuhkan jenggot.

Tulisan JRR Tolkien juga menjelajahi dunia Middle-earth yang sebelumnya belum pernah diungkap olehnya.

Seperti dilansir Guardian, Jumat (20/11/2020), penerbit HarperCollins memang menjanjikan buku JRR Tolkien terbaru akan membawa kembali pembaca bernostalia kepada “semesta” Lord of the Rings.

Film The Lord of the Rings. (INSTAGRAM/THE LORD OF THE RINGS)

 

Berita Lainnya