Pemerintah China Hapus Semua Film Keanu Reeves, Kenapa?

Kawula Muda, semua platform video streaming di China menarik film Keanu Reeves.

Keanu Reeves akan mendapat peran di Marvel Cinematic Universe. (Complex)
Fri, 25 Mar 2022


Pemerintah China dilaporkan telah menghapus sejumlah film yang dibintangi oleh aktor Hollywood, Keanu Reeves dari berbagai platform streaming seperti Tencent Video, Youku, dan Migu Video.

Hal tersebut dilakukan oleh pemerintah China, setelah mereka melihat Keanu Reeves memutuskan untuk hadir di acara Tibet House Benefit Concert ke-35. Dalam acara tersebut selain Keanu Reeves dihadiri pula oleh Laurie Anderson, Patti Smith, Cyndi Lauper, dan juga Iggy Pop.

Sebelumnya, China telah menolak klaim Tibet terhadap kemerdekaan mereka. Bahkan, pemerintah China telah lama memprovokasi para seniman dan selebritas dunia yang telah menyatakan dukungan mereka untuk Tibet dan Dalai Lama.

Tak lama setelah Keanu Reeves mengumumkan partisipasinya dalam acara tersebut para nasionalis Tiongkok langsung menunjukkan reaksi keras terhadap keputusan sang aktor.

Padahal saat itu, Reeves sedang menjalankan promosi untuk film terbarunya yang berjudul The Matrix Resurrections di China. Tetapi, karena ia mengonfirmasi hadir di acara Tibet House Benefit Concert, film tersebut langsung diboikot oleh para nasionalis China. Akibatnya, film The Matrix Resurrections gagal menjadi box office di negeri Tirai Bambu itu.

Aksi keras pemerintah China terhadap Keanu Reeves kembali berlanjut setelah sang aktor hadir di acara tersebut pada bulan ini. Sejumlah film Keanu langsung dihapus dari berbagai platform streaming di China.

Kurang lebih ada 19 film yang dibintangi oleh Keanu Reeves telah ditarik dari Tencent Video. Semua filmnya, kecuali Toy Story 3 di mana ia sempat menjadi salah satu pengisi suaranya, ditarik dari Youku dan Migu Video.

Walaupun tetap tayang, nama Keanu Reeves tidak ada di bagian kredit. Film tersebut hanya menampilkan deretan pemeran sulih suara lokal.

Beberapa platform layanan video streaming di China seperti Bilibili dan Xigua Video juga telah menghapus deretan film Keanu Reeves.

Di platform iQiyi, setiap pengguna yang melakukan pencarian untuk kata kunci “Keanu Reeves” tidak akan mendapatkan hasil. Platform tersebut hanya memunculkan tulisan berupa pesan,”Maaf, tidak ada hasil yang terkait dengan ‘Keanu Reeves’ yang ditemukan. Karena undang-undang, peraturan, dan kebijakan yang relevan beberapa hasil tidak ditampilkan.”

Bukan kali ini saja pemerintah China menerapkan reaksi keras terhadap karya para selebritas dunia yang menunjukkan dukungannya terhadap Tibet dan Dalai Lama. Hal sama juga pernah dialami oleh Richard Gere yang harus kehilangan kesepakatan film, setelah ia diketahui memiliki hubungan dekat dengan Dalai Lama.

Berita Lainnya