Review Film "Barbie", Bahas Feminisme yang Dibalut dengan Santai

[SPOILER ALERT] Intinya poin 100 buat film ini!

Review film "Barbie" bahas feminisme yang dibalut dengan santai (EMPIRE ONLINE)
Sun, 23 Jul 2023

Film Barbie telah rilis di bioskop Tanah Air pada 19 Juli 2023. Film karya Greta Gerwig ini telah menarik perhatian penonton sejak pertama kali hadir dalam trailer.

Film ini mengisahkan tentang kehidupan para Barbie di Barbie Land dengan berbagai karakter yang berbeda-beda. Di tempat di tersebut para pria dipanggil dengan Ken.

Kehidupan Barbie di pulau tersebut sangat damai penuh warna warni. Namun, suatu hari Barbie terpikirkan akan kematian yang membuat kehidupannya menjadi berubah.


Dibalut sinematografi dan set yang sungguh luar biasa. Greta berhasil membuat penonton menjadi bernostalgia kepada boneka yang sejak kecil telah menemani lewat visual penuh dengan nuansa pink di Barbie Land.

Film ini memberikan tone warna cerah dengan cast-nya yang tidak bisa diremehkan. Margot Robbie sebagai pemeran utama wanita dan Ryan Gosling sebagai Ken juga patut diacungi jempol. Tak lupa juga dengan akting America Fererra sebagai Gloria yang menonjolkan sifat feminisme dari seorang ibu.

Margot Robbie memberikan penampilan yang halus dan karismatik, kepolosannya dalam memerankan boneka Barbie terasa natural. Begitu pula dengan Ryan Gosling sebagai Ken yang ingin berkuasa layaknya lelaki pada umumnya.

Meskipun gambar dan penuh warna yang disuguhkan dalam film Barbie penuh nuansa anak-anak. Isu-isu yang dibawa cukup berat dan lengkap dalam film berdurasi 114 menit ini, yang menyertakan bertolak belakangnya fenomena feminisme dan patriarki dan dikemas dengan humor.

Mata penonton juga disuguhkan dengan fesyen baju-baju Barbie serta Ken yang sangat apik. Kostum Barbie tersebut pun membuat kami menjadi throwback dengan pakaian milik boneka tersebut di dunia nyata!

Film ini menjadi karya satir yang cerdas tentang konsumerisme dan patriarki, ketika Barbie menghadapi realitas kehidupan di luar Barbie Land yang tak seperti apa yang ia bayangkan. Greta pun berhasil membawakan pesan-pesan untuk melawan perundungan.

Barbie adalah film yang bisa membuat penonton tertawa, sekaligus berpikir tentang kehidupan, Kawula Muda. Meski demikian, banyak humor satire yang sulit untuk dipahami anak-anak. 

Untuk sisi audio, Barbie juga tidak mengecewakan. Film ini menghadirkan soundtrack yang benar-benar sesuai dengan isi filmnya serta menggaet musisi-musisi ternama sebagai pengisi lagu.

Bersamaan dengan penayangan serentak secara global pada 21 Juli 2023 lalu, Barbie merilis album penuh yang menjadi soundtrack dan juga menjadi album pendamping film yang sedang sangat hype ini.

Album yang bertabur bintang ini menampilkan Ryan Gosling, Sam Smith, Lizzo, The Kid Laroi, HAIM, Khalid, Dominic Fike, Ava Max, sampai GAYLE.

Grammy bahkan menyebut jika album ini adalah, “Kotak mainan sesungguhnya dari bintang pop terbesar saat ini.”

Sedangkan Forbes memuji album ini sebagai "A stellar musical experience."

Skala 1-10, berapa nilai film Barbie menurut lo?

Berita Lainnya