Rewind Indonesia 2023 Trending di YouTube, Ada Apa Saja?

Siapa yang udah nonton Rewind Indonesia 2023, Kawula Muda?

YouTube Rewind Indonesia 2023 (YouTube/Indonesian Creators)
Sun, 14 Jan 2024

Rewind Indonesia 2023 resmi rilis di YouTube, per hari Jumat (12/1/2024) malam di kanal YouTube Indonesian Creators, Kawula Muda.

Rewind Indonesia sendiri selalu menjadi magnet penantian para penggemar YouTube Tanah Air setiap tahunnya.

Maka tidak heran, saat perilisan YouTube Rewind Indonesia 2023 langsung disambut antusias hingga menjadi trending nomor 1 di YouTube.

Bersama Adi Victory, Chandra Liow kembali didapuk sebagai direktur untuk Rewind Indonesia 2023. Chandra kembali membawa nuansa kesuksesan yang sudah dilakukan sejak empat tahun sebelumnya.

Tahun ini, Rewind Indonesia menampilkan berbagai momen menarik yang terjadi selama di tahun 2023 selama setahun penuh. Gak cuma itu, Rewind Indonesia 2023 juga menampilkan beberapa momen unik.

Video berdurasi 17 menit ini merangkum beragam peristiwa menarik, viral dan penting yang terjadi dalam satu tahun.

Kali ini, karya yang ditunggu setiap tahunnya ini turut melibatkan banyak publik figur dari YouTuber lawas, seleb TikTok hingga artis ternama Indonesia.

Nama-nama seperti Aldi Taher, Putri Arini, Raditya Dika, Nessie Judge, Windah Basudara, Fadil Jaidi dan Pak Muh, hingga Brand Ambassador Esport hadir meramaikan YouTube Rewind 2023.

Berikut momen-momen unik di YouTube Rewind Indonesia 2023:

1. Sindiran Terhadap Kasus Mario Dandy

Ilustrasi kasus penganiayaan Mario Dandy di YouTube Rewind Indonesia 2023 (YouTube/Indonesian Creators)

YouTube Rewind 2023 dibuka dengan kasus penganiayaan Mario Dandy terhadap David Ozora. Pada adegan tersebut, remaja pria bernama Umay (nama samaran) tampak dipukuli habis-habisan oleh Israf (nama samaran). Umay kemudian terbaring di rumah sakit, dan televisi yang berada di rumah sakit tersebut menampilkan kasus kekerasaan Israf, yang merupakan anak pejabat.

Seperti yang diketahui, Mario Dandy melakukan penganiayaan terhadap anak berusia 17 tahun bernama David Ozora sempat viral di media sosial. Mario Dandy merupakan anak dari seorang pejabat Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo.

2. Putri Ariani

Putri Ariani di YouTube Rewind Indonesia 2023 (YouTube/Indonesian Creators)

Jebolan America’s Got Talent asal Indonesia, yakni Putri Ariani tampak membawakan lagu “Loneliness”, lagu yang juga membawanya ke ajang pencarian bakat Amerika tersebut.

Penampilan Putri Ariani di Rewind Indonesia 2023 seakan kembali membawa ingatan kita terhadap suksesnya Putri mengambil hati juri America’s Got Talent berkat suara merdunya.

Penampilan Putri di ajang America’s Got Talent menarik perhatian Simon Cowell, sehingga memintanya membawakan lagu kedua. Putri kemudian menyanyikan lagu "Sorry Seems to Be the Hardest Word" milik Elton John dan Blue. Lagu tersebut kemudian mengantarkan Putri mendapatkan Golden Buzzer, Kawula Muda!

Golden Buzzer sendiri ditekan oleh Simon Cowell dan secara otomatis membuat Putri langsung lolos audisi America's Got Talent musim ke 18, yang kemudian melaju ke tahap selanjutnya.

3. Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Momen Indonesia batal jadi tuan rumah di Piala Dunia U-20 di YouTube Rewind Indonesia 2023 (YouTube/Indonesian Creators)

Batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 saat itu cukup mengecewakan bagi beberapa penggemar sepak bola di Tanah Air.

Pada video ini, Praz Teguh membaca koran yang mengabarkan Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Ekspresi Praz Teguh pada video ini seakan menggambarkan sebagian masyarakat Indonesia yang kecewa pada keputusan tersebut.

Sebagai informasi, Indonesia semestinya menggelar Piala Dunia U-20 pada tahun lalu. Namun, FIFA mencabut hak tersebut menyusul penolakan sejumlah kepala daerah terhadap salah satu peserta yakni Israel. Sebagai pengganti, FIFA kemudian memilih Argentina sebagai tuan rumah.

4. Curhat “Mbak Taylor”

Parodi tren curhat 'Mbak Taylor' di YouTube Rewind Indonesia 2023 (YouTube/Indonesian Creators)

Tren curhat 'Mbak Taylor' yang sempat ramai tahun lalu juga ditampilkan di Rewind Indonesia 2023.

Curhatan tersebut tampak terlihat dari papan demo yang dibawa oleh YouTuber Nadia Omara.

"Mba Taylor, tolong jalan kami ancur," bunyi tulisan pada papan tersebut.

Seperti yang diketahui, curhat 'Mbak Taylor' memang sempat viral dan seolah menjadi tren di media sosial pada saat itu. Menggunakan lagu “All to Well” yang membahas mengenai kekecewaan terhadap suatu keadaan dianggap relate untuk menyampaikan curhatan.

Selain tren 'Mbak Taylor', tren 'langsung cerita ke Nadia Omara' juga sempat viral di tahun yang sama. Hal tersebut berawal dari berbagai komentar yang muncul di TikTok. Diduga, penampilan Nadia Omara di video ini sepertinya karena terinspirasi dari tren tersebut.

5. Aldi Taher Parodikan Chris Martin

Aldi Taher di YouTube Rewind Indonesia 2023 (YouTube/Indonesian Creators)

Pada tahun 2023 lalu, Coldplay menggelar konsernya di Gelora Bung Karno tepatnya pada 15 November 2023.

Kabar Coldplay manggung di Indonesia disambut antusias yang begitu tinggi oleh masyarakat. Salah satunya muncul sosok Aldi Taher yang kemudian memparodikan vokalis Coldplay, yakni Chris Martin.

Aldi Taher bahkan sempat viral karena menyanyikan potongan lagu "Yellow" saat diwawancarai oleh stasiun televisi.

Di Rewind Indonesia 2023, Aldi Taher turut muncul memparodikan Chris Martin. Bukan membawakan lagu "Yellow", kali ini Aldi Taher tampil dengan membawakan pantun seperti yang diucapkan oleh Chris Martin saat Coldplay konser di Jakarta.

"Hari Selasa ujian Fisika. Giat belajar biar lulus. Apa kabar kota Jakarta? Boleh dong pinjam seratus," kata Aldi Taher.


Itulah deretan momen unik Rewind Indonesia 2023, Kawula Muda. Tentunya masih banyak momen menarik lain dalam video tersebut. 

Tonton video lengkapnya di bawah ini!


Berita Lainnya