Selain Billie Eilish, 6 Artis Ini Juga Mengalami Sindrom Tourette

Siapa aja sih yang mengidap sindrom ini?

Billie Eilish nyanyikan lagu baru di konser ‘Happier Than Ever: The World Tour 2022’. (NME)
Wed, 31 Aug 2022


Sindrom Tourette belakangan menjadi ramai diperbincangkan setelah viral akun TikTok yang membahas tentang sindrom tersebut dan videonya ditonton lebih dari 17 juta kali dalam akun @belva.faristha.

Di samping itu, penyanyi muda berbakat, Billie Eilish juga menjadi salah satu yang hidup dengan sindrom tersebut sejak umur 11 tahun. 

Sindrom Tourette ini tidak menunjukkan ciri-ciri fisik namun mengubah perilaku. Pengidap Tourette ini biasanya akan melakukan gerakan atau mengeluarkan suara-suara spontan secara berulang di luar kendalinya. Perilaku ini kerap disebut dengan istilah tics.

Tics yang terjadi pada para pengidap sindrom Tourette inilah yang umumnya menjadi penghalang bagi para pengidapnya untuk bisa berkembang. Sering kali gerakan yang muncul dinilai orang bahwa sang pengidap sindrom sedang bercanda. Padahal hal tersebut sangat mengganggu para pengidapnya. 

Meski demikian, enam selebritas ini justru tetap bisa sukses berkarya dan mengakui kepada publik akan sindrom Tourette yang mereka derita. 

Berikut daftar selebritas yang memiliki sindrom Tourette!

1. Billie Eilish

Billie Eilish (Instagram/billieeilish)

 

Bilie Eilish merupakan musisi muda yang mulai muncul ke permukaan setelah lagunya yang berjudul "Ocean Eyes" viral pada tahun 2016. Billie merupakan musisi muda yang berbakat karena di usianya yang masih 20 tahun, Billie sudah memenangkan beragam penghargaan mulai dari MTV VMAs, Brit Award sampai Grammy Award.

Penyanyi yang pada awal kemunculannya selalu menggunakan pakaian yang berukuran besar ini mengakui bahwa dirinya mengidap gangguan sindrom Tourette. Billie bahkan pernah menunjukkan tics berupa gerakan-gerakan aneh secara spontan ketika berada di acara David Letterman’s My Next Guest Show di Netflix. Billie juga mengaku bahwa ia sudah mengalami sindrom ini sejak ia kecil dan terus berusaha menahannya agar bisa diterima publik.

2. David Beckham

(Gentlehair)

 

David Beckham merupakan legenda sepak bola Inggris yang meskipun sudah pensiun sebagai pemain sejak 2013, tapi masih tetap eksis di dunia sepak bola dengan menjadi pemilik dari klub sepakbola Amerika, Inter Miami CF dan Salford City. Pria yang pernah menjadi bagian dari class of 92 milik Manchester United, Los Galacticos jilid I milik Real Madrid, dan squad AC Milan bersama dengan Ronaldinho, Pirlo, Seedorf serta Kaka ini juga ternyata diketahui mengidap gangguan sindrom Tourette dan OCD.

Beckham sudah beberapa kali mengakui hal ini bahwa ia terkadang merasa lelah dengan OCD yang ia derita. OCD yang Beckham derita sendiri diakuinya akibat dari sindrom Tourette yang dia alami. Ia merasa tidak bisa beristirahat dengan tenang sebelum ia merapikan dan membersihkan barang-barang di sekitarnya.

3. Tim Howard 

Masih dari dalam dunia sepak bola, kali ini ada mantan kiper timnas Amerika yang pernah membela Manchester United, Tim Howard. Tim merupakan pemain sepak bola berkebangsaan Amerika - Hungaria yang sempat bermain di Liga Premier Inggris bersama Manchester United dan Everton. Ia juga merupakan kiper kedua asal Amerika Serikat yang pernah mencetak gol. 

Tim yang kini juga menjadi pemilik dari klub sepak bola Memphis 901 diketahui mengalami gangguan yang sama dengan David Beckham yaitu sindrom Tourette dan juga OCD. Dilansir dari The Guardian, awal mula ia mulai menunjukkan gejala sindrom Tourette adalah ia sering mengetuk-ngetuk benda di sekitarnya. 

4. Tora Sudiro

Tora Sudiro hobi main sepeda lagi. (INSTAGRAM/TORA SUDIRO)

 

Kali ini dari tanah air, artis kawakan, Tora Sudiro juga diketahui memiliki gangguan sindrom Tourette. Tora yang terkenal karena tergabung dalam film “Arisan” dan acara televisi “Extravaganza” ini sempat ditangkap oleh pihak berwajib karena tuduhan penggunaan narkoba. 

Dalam pembelaannya, pengacara dari Tora Sudiro mengatakan bahwa Tora mengidap gangguan sindrom Tourette yang memicu Tora meminum obat Dumolid dalam dosis yang tidak sesuai agar bisa tertidur tenang.

5. Seth Rogen 

Seth Rogen merupakan pemeran, produser, dan penulis berkebangsaan Kanada. Seth Rogen yang pernah beradu akting bersama dengan Zac Efron dalam film berjudul “The Neighbors” ini juga ternyata diketahui mengidap gangguan sindrom Tourette. 

Dilansir dari Independent.co.uk, Seth Rogen sudah mengidap penyakit ini sejak dia kecil. Ibu dari Seth Rogen, Sandy Rogen mengatakan, “Aku tahu ketika dia berumur 4 dia tidak bisa duduk di sekolah.”

Kini Seth Rogen mengakui bahwa ia menggunakan marijuana untuk menenangkan dirinya dari tics akibat gangguan yang ia alami. Setha Rogen mengatakan kepada New York Times Magazine, “Ini hanyalah alat yang kami gunakan agar pengalaman kami bisa lebih menyenangkan. Beberapa orang membutuhkannya lebih dari yang lain.”

Berita Lainnya