Sharing Password Netflix Hanya Berlaku untuk Pengguna Serumah

Film Netflix favorit lo apa nih, Kawula Muda?

Ilustrasi Netflix (UNSPLASH/Alexander Shatov)
Fri, 03 Feb 2023


Platform streaming populer Netflix mengumumkan akan memperluas kebijakan anti ‘sharing password’ mereka mulai 31 Maret 2023. Bocoran kebijakan pun telah dirilis oleh Netflix pada Selasa (31/01/2023) walau tak lama kemudian diralat kembali.

Pihak Netflix menyebut untuk memastikan bahwa akun Netflix tidak dibagikan secara luas, pengguna diharuskan untuk menyambungkan perangkat tontonan mereka, seperti TV, ponsel, atau tablet ke WiFi di rumah yang terpusat, serta menonton sesuatu di layanan Netflix setidaknya sekali setiap 31 hari.

Ilustrasi menonton Netflix. (PIXABAY)

 

Aturan terbaru Netflix tersebut pun disebut akan berlaku secara nasional di tiga negara mulai akhir Maret 2023 mendatang. 

“Untuk waktu yang singkat kemarin, artikel pusat bantuan yang berisi informasi yang hanya berlaku untuk Chili, Kosta Rika, dan Peru ditayangkan di negara lain. Kami telah memperbaruinya,” demikian keterangan Netflix seperti dikutip Prambors dari Guardian. Kini, akses untuk keterangan tersebut sudah tidak bisa dibuka secara bebas.

Walau Indonesia belum dikonfirmasi akan menjadi bagian dari pelaksanaan akun tersebut, telah ada informasi mengenai pembagian kata sandi akun kepada orang yang tinggal di rumah berbeda pada laman Netflix untuk Indonesia. 

Disebutkan, orang yang menggunakan Netflix di luar rumah perlu untuk memiliki akun tersendiri agar tetap dapat menggunakan layanan streaming.

Saat perangkat di luar rumah masuk ke akun atau digunakan terus-menerus, pihak Netflix  akan meminta verifikasi perangkat tersebut sebelum dapat digunakan

“Kami melakukan ini untuk mengonfirmasi bahwa perangkat yang menggunakan akun tersebut berwenang untuk melakukannya,” tulis keterangan tersebut.

Karena itu, Netflix menjanjikan tidak akan menagih pengguna secara langsung apabila berbagi akun dengan mereka yang tidak tinggal serumah dan menggunakan WiFi yang sama.

Ilustrasi Netflix (UNSPLASH/Thibault Peni)

 

Sebelumnya, uji coba Netflix berbayar bagi pelanggan tambahan ‘luar rumah’ telah diuji coba untuk beberapa pengguna di Chili, Kosta Rika, dan Peru.

Apabila terdapat pengguna di luar rumah yang juga ingin bergabung dengan satu akun, maka Netflix akan mematok biaya tambahan. Disebutkan, biaya tambahan yang harus dibayar oleh pelanggan di Kosta Rika adalah sekitar 2.44 Euro atau sekitar Rp40.000 per bulan.

Juru bicara Netflix Kumiko Hidaka pun memastikan akan memperluas jangkauan sistem terbaru tersebut secepatnya. "Nanti di kuarter 1, kami berharap untuk mulai meluncurkan pembagian berbayar secara lebih luas,” tuturnya seperti dikutip dari The Verge.

Netflix juga telah mengonfirmasi kehilangan hampir 1,2 juta pelanggan di 2022. Netflix turut menyebut bahwa hampir 1 juta pengguna memilih untuk menutup akun atau berhenti berlangganan di kuartal kedua 2022.

Berita Lainnya