Review Serial Netflix "Wednesday", Gadis Aneh dengan Humor Gelap

Lo udah nonton belom, Kawula Muda?

Poster serial terbaru Netflix, Wednesday (INSTAGRAM/WEDNESDAY NETFLIX)
Wed, 14 Dec 2022


Salah satu serial terbaru Netflix, "Wednesday", baru saja memecahkan rekor sebagai konten televisi bahasa Inggris yang paling banyak ditonton dalam sejarah Netflix.

Sejak tayang perdana pada 23 November 2022 lalu, serial tersebut sukses memiliki total 752,5 jam tayang. Selain itu, serial yang menceritakan anggota keluarga The Addams tersebut menempati posisi pertama di Netflix Top 10 di berbagai negara. 


Berbeda dengan film dan animasi The Addams Family sebelumnya, serial kali ini memiliki fokus pada karakter Wednesday Addams (Jenna Ortega). Memiliki kekuatan supernatural sekaligus kerap membuat onar, gadis muda tersebut pun memasuki sekolah ‘orang buangan’ bernama Nevermore. 

Sejak menit pertama, penonton sudah disuguhkan dengan nuansa gelap nan misterius. Sinematik yang memukau dan memanjakan mata mampu membuat penonton betah untuk menyelesaikan delapan episode "Wednesday". 

Nuansa tersebut pun cocok dengan karakter Wednesday yang tidak bersahabat, alergi terhadap warna, ia hanya bisa menggunakan warna monochrome, dan merupakan karakter yang ketus. 

Walau begitu, Wednesday bukanlah seseorang dengan karakter yang jahat. Ia hanya memiliki ketertarikan terhadap hal aneh dan misterius. 

Rasa penasaran Wednesday yang besar didampingi dengan kepintaran yang luar biasa membuat cerita gadis tersebut menarik diikuti. Ia harus memecahkan berbagai masalah dan misteri monster hingga dendam masa lalu selama bersekolah di Nevermore. 

Wednesday Addams, karakter utama dalam serial terbaru Netflix 'Wednesday' (INSTAGRAM/WEDNESDAYNETFLIX)

  

Walau tidak menyukai manusia, Wednesday memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya disukai oleh teman-temannya. Sebut saja seorang Werewolf, Enid Sinclair (Emma Myers), pecinta lebah Eugene (Moosa Mostafa), pelukis psikis Xavier Thorpe (Percy Hynes), hingga Tyler Galpin (Hunter Doohan). 

Bersama teman-temannya, Wednesday pun mencoba memecahkan satu per satu misteri yang ia temukan. Tanpa terasa terburu-buru, misteri-misteri tersebut dipecahkan dengan kecerdikan dan ketajaman analisis sang karakter utama tersebut. 

Walau terkesan gelap dan misterius, serial ini mampu membungkusnya dengan suasana ringan dan komedi. Interaksi antar pemain pun terlihat memiliki arti dan tujuan tertentu yang nantinya menguak seluruh misteri yang ada. 

Tepuk tangan juga seharusnya ditujukan kepada kemampuan akting Jenna Ortega. Ia mampu menunjukkan sisi Wednesday yang berani, minim ekspresi, dan dipenuhi aura kegelapan. 

Hal itu terbukti dari tarian “Goo Goo Muck” Wednesday saat Rave'N Dance. Walau terlihat kaku dan kikuk, tarian tersebut mampu menunjukkan karakter Wednesday yang percaya diri dan eksentrik. 

Hasil scoring musik dalam serial ini pun layak diberikan pujian. Berbagai nada lawas ikonis khas The Addams Family mampu melahirkan rasa nostalgia saat menontonnya. Selain itu, berbagai sentuhan suara dalam serial ini juga mampu membangkitkan suasana dalam setiap adegannya. 

Atas populernya serial tersebut, banyak penggemar yang menanyakan kapan musim kedua "Wednesday" akan dirilis. Walau belum memberikan tanggal secara resmi, Co-creator sekaligus Eksekutif Drama Thriller Netflix Alfred Gough hingga salah satu aktornya telah memberikan ‘kode’ akan hadir musim selanjutnya. 

Kira-kira, bagaimana kelanjutan petualangan anggota Addams Family yang satu ini? Jadi enggak sabar ya, Kawula Muda! 

Berita Lainnya