Snapchat Rilis "Spotlight", Fitur Video Pendek Mirip TikTok

Kawula Muda, Snapchat rupanya enggak mau ketinggalan, nih!

Ilustrasi aplikasi Snapchat. (UNSPLASH)
Fri, 27 Nov 2020

Snapchat resmi merilis fitur baru bernama Spotlight yang memungkinkan pengguna untuk berbagi video pendek yang ringan dan menghibur pada Senin (23/11/2020). Fitur ini memberi peluang agar pengguna mendapatkan lebih banyak pengikut.

Namun, video harus berada pada posisi vertikal, bukan horizontal, agar bisa muncul di Spotlight.

Agar video lebih menarik, pengguna dapat menambahkan GIF, caption, atau musik yang tersedia di aplikasi Snap dengan durasi maksimal 60 detik.

Sebelum disebarluaskan, video akan dimoderasi terlebih dahulu oleh pihak Snap demi menjaga keamanan. Video yang paling menarik juga berpotensi mendapatkan hadiah dari Snap.

“Unggah video Snap terbaikmu melalui Spotlight untuk berkesempatan meraih lebih dari 1 juta dolar AS yang kami bagikan kepada kreator-kreator setiap hari!” tulis Snap, Senin (23/11/2020).

Ilustrasi fitur Spotlight pada aplikasi Snapchat. (UNSPLASH)

 

Namun, untuk kesempatan mendapatkan uang, snap yang dikirimkan ke Spotlight harus mengikuti pedoman konten dan ketentuan yaitu pengguna harus berusia 16 tahun ke atas untuk memperoleh penghasilan.

"Kami merancang Spotlight untuk menghibur komunitas kami sambil menjalankan nilai-nilai Snapchat, dengan kesejahteraan komunitas kami sebagai prioritas utama. Konten Spotlight dimoderasi dan tidak mengizinkan komentar publik," ujar Snap.

Spotlight saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Irlandia, Norwegia, Swedia, Denmark, Jerman dan Prancis, dengan lebih banyak negara segera hadir.

Sebelumnya, Facebook awal tahun ini memperkenalkan Instagram Reels, fitur mirip TikTok di mana pengguna dapat merekam video pendek, kemudian menambahkan efek video khusus dan soundtrack dari perpustakaan musik.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya