Tayang Hari Ini, Film "Suzume" Terinspirasi dari Drama Korea "Goblin"!

Kawula Muda ada yang suda menonton film ini?

Film "Suzume" karya Makoto Shinkai menjadi salah satu film yang ramai dibicarakan (TOHO)
Thu, 09 Mar 2023

Kawula Muda, film besutan Makoto Shinkai berjudul Suzume akhirnya sudah tayang di bioskop Indonesia. Makoto Shinkai dikenal dengan film-filmnya yang memiliki plot khas, yakni fantasi ilmiah. 

Beberapa film terkenal karya Makoto Shinkai adalah Kimi No Nawa dan Weathering With You. Dalam film terbarunya yang sudah ditunggu oleh para penggemar, Makoto mengatakan jika film Suzume terinspirasi dari drama Korea, loh.

Melansir Korean JoongAng Daily, Makoto Shinkai mengaku film animasi terbarunya, Suzume terinspirasi dari drama Korea populer, Guardian: The Lonely and Great God atau Goblin.


Film Suzume, menurut Makoto Shinkai, sebenarnya mengambil referensi dari gempa bumi di Tohoku pada 2011 yang menelan korban hampir 20 ribu jiwa. Namun, pintu yang menjadi kunci dari film itu ternyata terinspirasi Goblin, Kawula Muda.

"Ketika saya menonton Goblin, saya mendapat inspirasi karena para karakter menggunakan konsep pintu untuk berpindah waktu dan lokasi, itu menjadi hal penting bagi saya," kata Makoto Shinkai Rabu, (08/03/2023) dalam konferensi pers di Korea Selatan.

Tidak hanya itu, Makoto juga menambahkan jika pintu adalah simbol kehidupan sehari-hari. Menurutnya, bencana menjadi jeda dan menghalangi banyak orang bagi melanjutkan kehidupan sehari-hari mereka. 

Sejak Suzume merilis poster pertama, para penggemar melihat pintu menjadi satu hal yang sangat menonjol sebagai kunci utama plot film tersebut. Karakter utama perempuan berada di depan pintu dalam poster film itu juga memegang peranan penting untuk film tersebut.

Sinopsis Film Suzume yang Sudah Tayang di Bioskop

Diketahui, Suzume no Tojimari atau Suzume menceritakan seorang siswi bernama Suzume bersama seorang pemuda misterius berupaya untuk menutup pintu dari sisi luar yang bertujuan untuk menghentikan bencana di Jepang.

Perjalanan Suzume dimulai di sebuah kota yang tenang di Kyushu yang terletak di Barat daya Jepang. Suzume bertemu dengan seorang pria muda yang menanyakan sebuah pintu, "Saya sedang mencari pintu. Apakah ada pintu di sekitar sini?"

Suzume kemudian menemukan satu pintu tua yang berdiri tegak di tengah reruntuhan, seolah terlindung dari bencana apa pun yang terjadi di sekelilingnya. Suzume kemudian membuka kenop pintu tersebut.

Pintu-pintu itu mulai terbuka satu demi satu di seluruh Jepang dan membuat bencana di sekelilingnya. Hal tersebut membuat Suzume harus menutup portal tersebut untuk mencegah bencana.

Suzume kemudian bahwa mengetahui pintu tersebut yang membuka dunia dalam mimpinya.

Fakta menariknya, Makoto Shinkai juga terinspirasi dari populasi Jepang yang semakin merosot, Kawula Muda. Melansir Variety, ia ingin mengungkapkannya keresahannya lewat film meskipun tersadar bahwa filmnya tidak akan mengubah keadaan.

"Saya ingin menggambarkan perasaan itu dalam film, meskipun menurut saya tugas animasi bukanlah untuk menghentikan penurunan populasi atau memulihkan reruntuhan," jelas Makoto.

Jadi penasaran bagaimana Suzume menghentikan bencana di Jepang dengan pintu, deh. Suzume sudah tayang di bioskop ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya