“Top Gun: Maverick” Jadi Film Pertama Raih 1 Miliar Dolar AS di 2022

Hai Kawula Muda, siapa nih yang sudah nonton?

Film "Top Gun: Maverick". (TWITTER)
Tue, 28 Jun 2022


Sejak awal ditayangkan pada 27 Mei 2022, Top Gun: Maverick terus meraih kesuksesan dalam antusias penonton. Prestasi menggembirakan pun berhasil diraih film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini.

Top Gun: Maverick berhasil mengantongi 1,006 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 14,9 triliun dan menjadikannya sebagai film rilisan 2022 pertama yang mencapai angka tersebut.

Top Gun: Maverick juga menjadi film kedua di era pandemi yang mencapai angka tersebut setelah Spider-Man: No Way Home yang mengantongi 1,9 miliar dolar AS.

Selain itu, film ini juga jadi film pertama Tom Cruise yang berhasil menembus 1 miliar dollar AS di kancah box office global. Sebelumnya, film terlaris Tom Cruise adalah Mission: Impossible-Fallout (2018) sebesar 791,1 juta dolar AS.

Dilansir Variety, Minggu (26/6/2022) waktu AS, capaian Top Gun: Maverick secara global ini bahkan tanpa pasar film terbesar dunia, yakni China dan juga tidak tayang di Rusia.

Sebelum, mencapai angka 1 miliar dolar AS, sekuel versi 1986 tersebut sudah menyandang gelar sebagai film berpendapatan box office terbesar tahun ini dengan 521 juta dolar AS.

Inggris penonton terbesar

Tercatat, Inggris Raya menjadi pasar internasional dengan penyumbang pendapatan box office terbesar untuk Top Gun: Maverick dengan angka 70,1 juta dolar AS.

Setelah Inggris, ada Jepang dengan 41,8 juta dolar AS, Australia sebesar 39,1 juta dolar AS, dan Prancis dengan 27,8 juta dolar AS.

Top Gun: Maverick menjadi sekuel pertama yang hadir 36 tahun setelah penayangan versi orisinal Top Gun (1986) yang juga dibintangi oleh Tom Cruise.

Film ini berkisah tentang Kapten Pete ‘Maverick’ Mitchell (Top Cruise) yang kembali mengabdi untuk Angkatan Laut AS dan melatih para pilot jet tempur muda nan berbakat untuk menjadi anggota di satuan Top Gun.

Dikisahkan, Maverick harus melatih para pilot berbakat tersebut untuk menjalankan misi berbahaya dalam waktu yang cukup singkat.

Disutradarai Joseph Kosinski, Top Gun: Maverick dan akan menjadi perjalanan penuh nostalgia bagi para pencinta aksi Tom Cruise alias Maverick sebagai pilot pesawat tempur.

Berita Lainnya