Video Klip "Formation" Milik Beyonce Jadi yang Terbaik Versi Rolling Stone

Kawula Muda, sudah nonton video klipnya?

Diva pop dunia, Beyonce. (INSTAGRAM/BEYONCE)
Wed, 04 Aug 2021

Video klip Formation milik Beyonce berhasil puncaki daftar 100 video musik terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone!

Melansir dari Page Six, video klip yang dirilis pada 2016 itu telah mengalahkan video musik ikonik lain di antaranya adalah Billie Jean (Michael Jackson), Kiss (Prince), dan Bad Romance (Lady Gaga).

Salah satu adegan yang paling ikonik dari video klip Formation adalah ketika Beyonce terbaring di atas mobil kepolisiam New Orleans yang tenggelam serta dinding yang terdapat tulisan,"stop shooting us".

Beyonce juga memasukkan tentang badai Katrina, budaya Creole, dan kebrutalan polisi. Bahkan, putri kesayangannya, Ivy, juga turut menjadi cameo dalam video klip tersebut.

Disutradarai oleh Melina Matsoukas, video klip tersebut membuat pernyataan yang kuat tentang sejarah kulit hitam Amerika dan dirilis bersamaan dengan dimulainya “Black History Month” pada tahun itu.

Diva pop dunia, Beyonce. (INSTAGRAM/BEYONCE)

 

“Dalam waktu kurang dari lima menit, Beyonce pindah dari rumah bergaya perkebunan di mana penghuni kulit hitam adalah tuan bukan budak, ke atas mobil polisi yang tenggelam,” tulis Brittany Spanos di Rolling Stone.

"Saya ingin menunjukkan ini adalah orang kulit hitam. Kami menang, kami menderita, kami tenggelam, kami dipukuli, kami menari, kami makan, dan kami masih di sini," ungkap Matsoukas.

Dengan konsep yang penuh arti, video tersebut berhasil memenangi video musik terbaik di Grammy Awards.

Tetapi, karena konsep video klip-nya tersebut juga banyak kritikus justru menilai video musik Formation milik Beyonce tersebut sebagai anti polisi.

Tuduhan ini tentu saja langsung dibantah oleh Beyonce. Dalam sebuah wawancara bersama Elle, Beyonce mengklaim bahwa dirinya bukanlah seorang anti polisi.

"Saya seorang seniman dan saya pikir seni yang paling kuat biasanya disalahpahami," ujar Beyonce.

Beyonce juga menambahkan bahwa siapa pun yang menganggap pesannya sebagai anti polisi benar-benar keliru.

"Saya sangat mengagumi dan menghormati petugas dan keluarga petugas yang mengorbankan diri mereka untuk menjaga kita agar tetap aman," kata Beyonce.

Selain Formation, dua video klip lainnya milik Beyonce juga berhasil masuk dalam daftar Rolling Stone tersebut. Video musik Single Ladies berada di peringkat ke-12 dan Telephone di peringkat ke-66.

Berikut adalah 10 peringkat teratas dari daftar 100 video musik terbaik versi Rolling Stone:

10. Billie Jean – Michael Jackson

9. November Rain – Guns N’ Roses

8. Sledgehammer – Peter Gabriel

7. Untitled (How Does It Feel) – D’Angelo

6. Sabotage – Beastie Boys

5. The Perfect Kiss – New Order

4. This Is America – Childish Gambino

3. Vogue – Madonna

2. Hurt – Johnny Cash

1. Formation – Beyonce

Berita Lainnya